enjoy every cadence, every breath…

Bali Batur 2015 – Cross Country Mountain Bike solo 44km ride

DCIM101GOPROBatur-Bali, 2 Jan 2015

Saat menuliskan post ini, sudah lewat empat bulan lebih trip awal tahun 2015 ini. Masih sangat kesulitan mengumpulkan kata kata dan juga semangat. Saking terasa berkesannya ride ini jadi terlalu banyak ekspektasi. Inilah salah satu kesulitan menulis blog, saat kita menulis serasa tidak pernah bisa menggambarkan apa kejadian yang kita alami. Tulisan serasa tidak mewakili pengalaman.

Tapi sudahlah, ayo kita mulai saja cerita genjot sepeda sendirian ini.

Memang sudah direncanakan jauh hari untuk berlibur tahun baru, dan kali ini cukup istimewa karena bawa sepeda dan sudah dijadwalkan dari awal untuk menghabiskan satu hari untuk bersepeda. Menginap di Lakeview Hotel, pagi itu menghabiskan lebih dari satu jam untuk merakit sepeda. Ini baru pertama kali dialami selama ini dibutuhkan hanya untuk merakit, semua gara gara posisi anting RD yang dilepas dan rantai yang kacau ditambah tidak adanya chain-tools. Halah! Akhirnya dengan lega bisa melihat sepeda berdiri, waktu sudah menunjuk lebih sejam dari target semula start gowes. Seolah gowes hari ini dimulai dengan kekacauan… gimana ya gowes hari ini akan berjalan?

gerbang masuk ke area black lava

gerbang masuk ke area black lava

Setelah mengganti batere GPS, kebiasaan yang saya selalu lakukan kalau terutama untuk antisipasi gowes yang panjang dan akan banyak bergantung GPS. Dari area start Kintamani, sebuah wilayah di bibir kaldera pertama (kaldera lapisan luar) dari Gunung Batur. Trek perjalanan hari ini diperoleh dari tracklog Kang Indra Anggara, saat Bali XCM 2013. Memang mencoba trial di actual track Bali XCM ini salah satu alasan kuat perjalanan total tiga hari ke Pulau Bali kali ini. Asli penasaran banget seperti apa track nya. Hari ini akan gowes sendirian, dan waktu cek ke Kang Indra, infonya track ini masih berada relatif di tengah area yang dihuni. Jadi aman lah gowes sendirian…

Track dimulai dengan turunan aspal sampai ke tepi danau Batur. Kirim foto sebuah rumah makan yang tepat berada di mulut pintu masuk ke track. Foto dikirim agar tim support bisa nunggu disini nanti sore saat finish.

Tak lama setelah keluar dari jalan aspal pinggiran danau Batur, disambut trek lebar, dengan beberapa kali papasan dengan truk pengangkut pasir, maka kita segera disambut dengan area ‘black lava’. Rupanya penduduk di area start tadi tidaklah berelebihan saat bercerita, “… lewat black lava saja (sambil jari menunjuk ke gerbang), tempatnya indah sekali”.

DCIM101GOPROSudah sering saya gowes melewati banyak tipe kawah dan lansekap gunung, namun jelas area black lava-nya Batur ini sangatlah indah dan eksotis. Sangat minim (atau bahkan tanpa) vegetasi, semua serba hitam warna batu, dan bentukan fisik batu yang sangat unik. Menjadikan area ini seperti sebuah taman geologi, taman batu, rock garden.

Trip info:

Riding Specialized Carve 29″ hardtail
tyres: Maxxiss Ikon 2.2
uphill: 9/10
singletrack: 8/10
downhill: 8/10
technical: 8/10
endurance: 9/10
landscape view: 9/10

Tracklog http://www.bikemap.net/en/route/2909959-baturkintamani-yeh-mampeh-sukawana-belandingan-toya-bungkah-kedisan-44km/

Short YouTube video clip…

aa201501batur

This ride report supported by Bikewearr, hardcore biking apparell
www.facebook.com/bikewearr
twitter:bikewearr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s