enjoy every cadence, every breath…

WJxc Ride#30 Sukabumi Nyalindung

DCIM100GOPRODCIM100GOPROSukabumi, 29 July 2014

Sukabumi dan sepeda gunung membekaskan banyak memori dan pelajaran di perjalan saya dengan hobby ini. Dan karena posisinya yang ‘dari Bogor pun masih macet panjang lagi’ maka kota Sukabumi terusterang menjadi pilihan di urutan belakang untuk didatangi dan dinikmati trek sepeda gunung nya. Padahal melihat kawasan rolling di sebelah selatan Sukabumi dan belum lagi sisi pantai nya sungguh sangat menggoda untuk dieksplorasi. Ingatan tengan genjot sepeda gunung ke Sukabumi pun melayang ke salah satu trip di awal awal pertama kali mengenal sepeda gunung dulu… Trip 2009 Pondok Halimun

Sementara trip Nyalindung area ke arah Sagaranten ini trek nya diambil dari sharing rekan rekan SBC di everytrail. Melihat sekilas saja, terusterang saya tidak berharap banyak semula pada trek ini, karena tidak punya ide yang lebih baik sebagai pilihan, ya sudah trek ini diambil. Genjot ini dilakukan pada hari kedua lebaran, sambil menengok ke rumah baru kakak ipar, dimana mertua juga tinggal di situ.

Ini juga rekaman trip ke Gunung Padang… salah satu tujuan bersepeda paling eksotis di Sukabumi. Bandingan trip Sukabumi yang pernah saya alami memang berat, trip ke Sukabumi selalu berkesan dan trek nya unik dan istimewa.

Janjian dengan dua rekan CikarangMTB yang sedang lebaran di Sukabumi juga; Om Atoe dan Om Yadi, akhirnya kami mencapai pertigaan yang disebut sebagai Warungpeteuy kalau di map. Menitipkan mobil pada sebuah warung bakso, waktu sudah menunjuk jam 10 lebih saat kami start dengan melewati turunan aspal yang panjang dan lama tak habis habis. Hampir 45 menit kami downhill aspal mulus. Downhillnya sih tidak mengkhawatirkan, namun kembalinya keatas lewat jalur offroad itu yang lebih mengkhawatirkan.

Benar saja, setelah kami turun onroad dan mencapai kota kecamatan Purabaya, makan dan sholat, yang ternyata adalah 17 kilometer turunan dari titik start di Warungpeteuy Nyalindung, maka kita dibawa tracklog mulai keluar dari jalan aspal utama, masuk ke jalan campuran singletrack, doubletrack, jalan kampung, jalan setapak sebelah rumah. Sambung menyambung tidak ada habisnya, sampai maghrib lagi kami mencapai titik start. Bisa dibilang selama setelah Dhuhur hingga maghrib kami gowes uphill rolling campuran tanah dan makadam.

Dahsyat ini trek….

Secara fisik trek ini sangat menguras tenaga, nanjak nya sih tidak terus menerus nanjak, justru variasi turunan, masuk ke kampung, lewat pematang sawah dan jalan di dalam kampung, memberikan nuansa yang samasekali berbeda dibadingkan jika kita menjumpai trek yang ‘konsisten’ misalnya terus menerus double track makadam. Ini juga menunjukkan kalau pembuat trek sangat mengerti seluk beluk area ini, sangat tahu jalan masuk kampung dan akan keluar dimana dan nembus kemana. Luarbiasa…

Dua rekan saya gowes kali ini pun bukan rekan dengan kualifikasi yang sembarangan. Setengah mati mengimbangi irama gowes mereka membuat juga trip berat pertama selepas bulan puasa ini semakin menjadi jadi tingkat kenikmatannya.

Saya tidak punya kata kata tambahan lagi, saya rekomendasikan trek ini kepada siapapun pembaca blog ini yang akan sempat ke Sukabumi…

DCIM100GOPRODCIM100GOPROTrip Nyalindung ini juga dibuat rekaman video nya via YouTube…

Trackrating:
Uphill: 8/10
Downhill: 4/10
Pemandangan/ Scenery: 6/10
Kekuatan fisik/ physical challenge: 7/10
Distance: 42km

Riding Specialized Hardtail Carve Comp 2012 29er

Tracklog di Bikemap…

One response

  1. atoe

    Insyaalloh libur lebaran berikutnya kita coba trek yg lain disukabumi. Mantab…

    Oktober 19, 2014 pukul 12:13 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s