enjoy every cadence, every breath…

WJxc Ride#29 – Batukuda, Bandung – Ramadhan Night Ride Uphill

r20140705_203546Bandung, 5 July 2014

Reuni selalu menyenangkan. Dalam reuni tidak hanya tentang apa yang kita hadapi namun juga cerita masa sebelumnya yang pernah dijalani. Dan sudah lama sekali saya tidak gowes bareng Om Indra dari GBT. Hanya sehari dua hari sebelum gowes ini saya hubungi Om Indra dan akhirnya kita setuju genjot singkat trek Batukuda, setelah waktu sholat tarawih.

Trek yang kami pilih adalah Trek Batukuda, yang juga trek NR ramadhan 4-5 tahun yang lalu bersama Om Indra. Persahabatan sepeda saya dengan Om Indra memang sudah panjang banget, bisa dibilang sejak pertama kali saya mengenal sepeda gunung sekitar 7 tahun lalu. Trip panjang saya yang pertama kali adalah gowes nanjak Bandung ke Papandayan termasuk nginap di Cileleuy.

Batukuda gowes saya 3-4 kali sebelumnya selalu start dari Cileunyi, tapi kali ini kita ambil jalan nanjak yang berbeda, kita start dan finish dari Pom Bensin Cibiru. Tracklog disini….

Ini adalah cerita beberapa kali gowes ke Batukuda sebelumnya:
2009 bersama Om Sigit…
2010 Kiara Payung Batukuda bersama GBT
2011 Ngabuburit Uphill Night Ride

r20140705_213922Gowesnya sendiri ‘hampir’ gak berhenti, alias no pitstop, jadi ya hampir tidak ada fotonya nanjak. Cuma pas sudah hampir sampai titik warung Batukuda, melewati makadam di dalam hutan pinus, saya merasakan tekanan yang keras dan memaafkan diri saya untuk pitstop dan ambil foto handlebar di kegelapan yang ada di sebelah tulisan ini.

Sepanjang jalan, saya kagum juga pada diri sendiri, karena kami bisa sambil ngobrol dengan lancar. Artinya saya tidak terlalu ngosh ngosh an mengimbangi speed om Indra. Atau malah Om Indra nya yang memelan kan speed nya untuk bisa ngobrol bareng? Hehehe… ini paling mungkin. Karena dari jaman dulu sampai sekarang saya jelas jelas satu dua tingkat di bawah Om Indra endurance nya. Om Indra juga sering mempersiapkan diri dan mengikuti lomba lomba cross country di seputar jawa barat.

Salah satu event yang diceritakan Om Indra adalah event Bali Mountain Bike Marathon yang dua kali belio ikuti, juga event Eiger cross country race yang akan datang dalam 2-3 minggu mendatang. Entah kenapa saya tidak pernah tertarik untuk mengikuti event seperti ini, meskipun partitisipasi sebagai pesepeda amatir pun. Ini lebih karena saya tidak pernah merasa cukup layak dan fit untuk bertanding. Padahal kalau melihat dan membaca event pertandingan olahraga di negara yang lain, amatir berpartisipasi adalah hal yang lumrah dan wajar. Tidak semata selalu dikaitkan dengan posisi urutan finish ataupun catatan waktu.

Mendengar kembali penuturan Om Indra, tampaknya perlu dipertimbangkan nih mengikuti event kompetitif, sebagai bagian dari hobby dan dukungan pada perkembangan olahraga yang kita nikmati ini.

r20140705_214211Yang juga lain dari gowes NR kali ini adalah Om Indra membawa backpack yang cukup ‘serius’. Sekitar seperti akan pergi untuk 2 hari tas nya, dan ternyata berisi kompor gas mini dan kami pun menghangatkan diri sambil minum air panas di sebelah warung Batukuda, di tengah hutan pinus Batukuda, yang tanpa cahaya dan listrik sedikitpun malam itu.

Membawa alat masak ini tentu juga ada hubungannya dengan trend ‘bike camping’ yang juga ikut ditekuni Om Indra. Wah, yang ini saya tidak ikutan deh. Sebatas membawa sleeping bag sampai sarung tapi jangan membawa tenda deh kalo saya. Hihihi…

Setelah secangkir air putih panas habis, kami pun turun kembali lewat jalan naik yang tadi diambil. Setelah dilihat di bikemap kemudian, trek ini ternyata pendek sekali, jarak start ke finish hanya 5km. Fyuh, pantas terasa singkat gowesnya meskipun di 1km akhir harus diakui tingkat kemiringannya lumayan banget, gak bisa ngobrol lagi…

Ok, ini pengalaman gowes di bulan puasa lalu namun baru ditulis di blog di Oktober 2014, hampir 3 bulan kemudian. Tumben malam ini internet indosat di Cikarang lagi lancar jadinya semangat dan cepat nulis nya.

Tinggalkan Balasan

