enjoy every cadence, every breath…

TONGSIS RIDE – 5 th AA Bike – CikarangMTB

rIMG_1562rIMG_1544Cikarang, 8 June 2014

Salah satu peninggalan, legacy, dari Kang Asol almarhum, untuk persepedaan di Cikarang adalah acara ultah AA Bike. Sejak ultah pertama, Kang Asol dan Om Adji, selalu menyertakan acara gathering pesepeda, pada khususnya pesepeda gunung. Berikut beberapa tulisan saya sebelumnya tentang acara ultah AA Bike. Ultah toko sepeda yang sudah susah dipisahkan acaranya dari ultah Komunitas CikarangMTB:

2009 Pembukaan AA Bike – AA Bike Soft Launch
2010 Ultah ke-1 AA Bike – Greenland Mud Party
2012 Ultah ke-3 AA Bike – Rally Perang
2013 Ultah ke-4 AA Bike – YouTube Video Martabak Ride
2014 Ultah ke-5 AA Bike – YouTube Video Tongsis Ride

rIMG_1577rIMG_1588 Bentuk acara nya pun berubah ubah. Setelah bersepeda santai bersama menikmati trek offroad seputar Cikarang, namun juga pernah dikemas dengan tema team rally. Dengan membekali peserta dengan peta dan kemudian ditunggu di titik finish dengan diukur ketepatan waktu. Seru, karena tentusaja, banyak yang nyasar. Dan memang itulah bumbu yang ditunggu.

Setelah meninggal nya Om Asol, meski sempat ada Martabak Ride dengan start dan finish di AA Bike Tegaldanas, maka sejak AA Bike pindah lokasi ke Ruko Sentra Niaga Mas Cikarang Baru, penyelenggaraan TONGSIS RIDE ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan dengan Om Ratman yang mengelola AA Bike sekarang sebagai tuan rumah utama. Waktu acara pun kali ini agak berbeda, jika semula di awal tahun, sekitar Januar-Februari (saat trek Cikarang basah dan berlumpur pekat) kali ini dilakukan di pertengahan tahun (saat trek Cikarang relatif kering dan enak enaknya).

Seperti juga penyelenggaraan acara ini sebelumnya, animo peserta selalu mengagetkan dan sekaligus menggembirakan. Sebagai tuan rumah tentu meskipun sederhana AA Bike menyediakan kudapan, tentu membuat ketar ketir kala ternyata yang mendaftar melebihi angka 300, mungkin juga karena event ini gratis. Dari tahun ke tahun memang sudah dan selalu terbukti jika acara ini akan mengumpulkan banyak orang dari berbagai kalangan dari berbagai geografis sampai sejauh Jonggol dan Bekasi serta Tangerang.

rIMG_1595rIMG_1627Trek yang dipilih kali ini adalah trek klasik terbaru dari rekan rekan CikarangMTB, trek AA Bike-Tanjakan Emad-Kebun Jati-Tower-Tanjakan Jiper-Tanjakan Astra Otoparts-AA Bike. Karena jumlah pemandu jalur yang terbatas, dan peserta yang datang dari seputaran Cikarang maka selain banyak yang memilih jalur sendiri, banyak pula yang langsung belok menuju titik finish sendiri. Apalagi setelah mengetahui door prize nya sudah tidak dapat. Undian door prize dilakukan di pintu masuk ke kawasan kebun jati.

Acara tahunan rutin yang selalu ditunggu dan selalu seru. Setiap tahun juga selalu ada kejadian berkesan yang menjadi ‘landmark’ acara. Seperti kejadian tahun ini adalah lika liku Om Eyang Uyut Adjie sebagai kapiten dan juga kisah tentang pendiri CikaranMTB…

Sampai ketemu di event tahun depan…

One response

  1. Antoix Foto’s is back…..

    Dikirim dari iPhone Eka

    September 21, 2014 pukul 8:46 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s