enjoy every cadence, every breath…

Trek Genteng Manglayang

15 April 2012. Sudah lama ingin genjot lg manglayang. Terakhir ke manglayang pas kolozal#5 cikarangmtb di Maret 2010. Tak terasa 2tahun lebih berlalu, dan manglayang pun telah berubah.

Jalan aspal sampai kebun kina membuat banyak hal berganti. Bayangan tanjakan makadam maut dalam kampung Palintang pun hilang. Tapi tetap saja tanjakan dari Ujungberung ke arah Palintang tetaplah menjadikan dada ‘engap’. Di awal menanjak masih berusaha mengimbangi Om Indra dan Om ZamZam. Terbukti menjadi sebuah kegiatan yang salah dan sia sia. Baru di pitstop warung Palintang saya tahu bahwa Om Indra dan Om ZamZam sedang berlatih untuk event XCM 100km di Bali… Salah banget kan buat diimbangi?

Menyusur kebun kina, perasaan tak seredup lalu. Masih pagi 1030 pun kami mencapai titik tertinggi 1660mdpl, hanya 3.5 jam setelah start. Memang saya ketiban sial genjot bareng tim GBT yg sedang latihan endurance. Yang disebut latian endurance disini nanjak nonstop dari 700an-1400an mdpl dalam 1jam. Songolikur terengah2 2jam saja.

Namun tetap saja, tanjakan dari Ujungberung ke Palintang adalah salah satu tanjakan paling ngangenin buat digenjot. Suasana nya lain sekali. Apalagi gowes pagi pagi begini. Dari kemacetan keramaian keruwetan Ujungberung. Lalu keramaian pasar nya, masuk ke kampung, lalu disambut tanjakan demi tanjakan jalan beton. Termasuk melewati kampung yang namanya saja sudah menjelaskan apakah dia, ‘Kampung Tanjakan Panjang’.

Akhirnya trip mencapai titik tertinggi di sekitar kebun Kina. Kebun kina yang sekarang sudah dapat dicapai dengan Toyota Avanza sekalipun. Mulusssss aspalnya sampai pertigaan. Yah, kadang memang kemajuan jaman, kemajuan pembangunan daerah, jalan yang mulus, dengan ke asyik an besepeda gunung.

Perjalanan turun lewat jalur indah hutan ke tanjungsari. Tanjungsari adalah kota terakhir dari jatinangor sebelum cadas pangeran arah sumedang. Praktis trek ini mengelilingi memeluk Manglayang.

Trek turun ini saya upload ke GPS berdasar trek nanjak yang pernah dijalani rekan pesepeda lain, saya peroleh dari Everytrail. Trek nya mantap masuk ke dalam hutan meliuk liuk singletrack yang rutin dilewati oleh motor-motor para petani yang membawa pupuk ke kebun atau membawa hasil kebun ke kampung. Yang sangat seru adalah cukup panjang nya trek ini didalam kerimbuan hutan yang masih cukup alami. sempat harus turun ke lembah sekali melewati sungai. Dan sepanjang trek hutan aseli dan kemudian disambung hutan pinus lalu ditutup dengan sawah terasering yang aduhai. Benar benar trek dapat dari everytrail yang seru.

Dua setengah jam, dgn separuhnya singletrack dalam hutan yg sulit dilupakan. Singletrak meliuk liuk. Trek terpelihara karena jadi jalan akses petani ke kebun sayuran.

Jam 1 sampai jatinangor dan jam 2 kembali ke titik start ujungberung.

3 responses

  1. 3 D

    Area Bandung memang cihuuuy banget tracknya……..

    Juli 27, 2012 pukul 4:38 am

  2. sebelumnya salam kenal nih..saya udah sering ngikutin blognya om mulai dari om pake sepeda Wim RC. hal yg bikin sy salut..gimana bisa gtu si om ini dpt clearance dari sang sri baginda ratu (istri maksudnya)😀
    saya aja mo main ke hutan UI atau JPG musti bohong dlu bilangnya mo funbike..sebab klo ngomong yg sebenernya bakalan ga di omelin abis2an hahahah..😛

    Juli 27, 2012 pukul 6:00 am

  3. sorry ralat kalimat terakhir..bakalan ga boleh maksudnya dan di omelin abis2an.😛

    Juli 27, 2012 pukul 6:00 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s