enjoy every cadence, every breath…

Tanpa Night Ride, tak lengkap pengalaman bersepeda gunung

Night Ride arti harfiahnya ya bersepeda di malam hari, melakukan kegiatan olahraga sepeda gunung di malam hari. Memang tidaklah lazim, tapi justru disitulah letak keistimewaannya.

Saat menulis ini sedang bulan puasa, pesepeda gunung banyak yang memindahkan kegiatan mereka di bulan puasa menjadi bersepeda malam, night ride. Beberapa rekan menuliskannya ‘night ride time has come…’ begitu memasuki bulan puasa. Sementara cerita nightride kali ini adalah tentang nightride jumat malam, di pertengahan Juni 2011 lalu. Trek nya adalah trek ‘Kebun Jarak’ di area Cikarang.

nungguKali ber- sepeda malam, night ride, dimulai dari mencoba me- nangkap rekan rekan OMRON Manufac- turing, yang memang cukup rutin nigh tride, terutama di jumat malam. Kenapa jumat malam? Besoknya mulai libur dan hari Jumat malam dipahami sebagai hari bebas, tidak perlu terlalu membatasi kegiatan fisik dengan beban besok hari nya masih akan bekerja.

Inilah keistimewaan #1 nightride, saat kita juga bisa melepaskan ketegangan bekerja dan refresh di malam harinya. Lebih terasa saat night ride jumat malam seperti ini karena seperti ibarat hutang *dibayar kontan*. Langsung sepulang kerja malam itu juga kita refresh yang menyehatkan.

nasi langi di sumur gas cikarang

nasi langi dinner

Kembali dengan rekan-rekan OMRON Manufacturing, salah satu yang unik dari kegiatan mereka nightride jumat malam adalah selalu membawa makanan bungkus. Kali ini menu kita adalah “Nasi Langi”, semacam nasi plus lauk pauk bercitarasa jawa tengah, campur juga sedikit jawa timur. Ada gudeg di lauknya tapi juga ada sayuran lain yang agak pedas.

Keistimewaan #2 nightride bersama rekan OMRON ini segeralah terasa, makan di tengah trek. Kita menyebut titik ini adalah ‘sumur gas’. Sebuah kawasan perbukitan dengan vegetasi yang sudah hampir habis, kalau siang sangatlah panas, tapi di malam hari seperti ini sangatlah indah. Makan di tengah keindahan seperti ini benar benar istimewa…

view sumur gas saat nr, trek 'kebun jarak' cikarang - alt

view sumur gas saat nr, trek 'kebun jarak' cikarang -caption

Senda gurau lima bungkus nasi yang disadap oleh enam pesepeda malam itu semakin ramai. Pada kondisi cerah dan sudah seminggu trek tidak diguyur hujan, membuat pemandangannya tak tergambarkan. Foto foto ini pun telah gagal menangkap keindahan secara utuh.

nightride moves

nightride moves - coba baca dan kendalikan

Setelah perut terisi kenyang segeralah kita mulai genjot lagi. Rasanya ingin lebih lama bermangu mangu di site sumur gas ini, tapi terbayang 15an km offroad yang masih harus dijalani. Melewati trek gravel sumur gas deltamas yang rolling ini segera memberi kita ujian dan juga tantangan, trek rolling tanjakan dan turunan silih berganti membuat kita tidak hanya diuji kekuatan fisik namun juga keandalan mengendalikan sepeda. Segera kita menjumpai keistimewaan #3 nightride yaitu mengendalikan sepeda dan membaca trek di malam hari.

Saat night ride kita akan diuji dengan tantangan kendali sepeda dan baca trek offroad dengan cahaya minim. Harus pandai memanfaatkan headlamp atau lampu handlebar. Seru dan kesulitan tersendiri ini membuat tidaklah lengkap pengalaman bersepeda gunung tanpa night ride. Di trek offroad, atau singletrack di tengah ladang dan sawah, dengan banyak melewati halangan seperti selokan, lubang, kontur trek, tanjakan dan turunan teknikal di track ‘kebun jarak’ ini membuat nightride semakin istimewa.

masuk kota delatamas kembali

Mele- wati kebun jarak kita segera dibe- rikan single- track pema- tang sawah yang sangat meng- goda. Saat indah indah- nya kondisi trek kering, membuat sensasi bersepeda gunung memuncak, sampai akhirnya saya menemui rantai sepeda saya putus di seputaran sebelum hutan bambu. Untung tidak sendirian bersama Om Hanif, jadi saya bawa lari sepeda sampai warung kolong tol untuk disambung rantai nya.

sampai di AA Bike

sampai di AA Bike

Trek dilanjutkan dengan melewati tanjakan dan sedikit perbukitan teletubbies yang menguras energi. Lalu sampailah kita kembali ke ‘peradaban’ di kawasan perumahan Kota Deltamas. Rehat lagi dan ambil napas karena salah satu rekan yang baru pertama kali ikut tampak kelelahan.

Bagian trek berikutnya tinggal lah trek onroad saja sampai ke AA Bike lalu kembali ke rumah. Ngebut di trek onroad dan sempat juga kongkow di AA Bike Cikarang meskipun tampak sepi dan sudah tutup toko sepeda tempat warga cikarangmtb mangkal ini.

Entah bisa dianggap sebagai keistimewaan #4 nightride ataukah tidak, tapi setiap selesai nightride saya sangat menikmati mandi kemudian tidur. Sangat pulas pasti tidurnya dan bangunnya akan segar sekali.

Yang saya rasakan sebagai unik juga adalah setiap trek, apapun jenis trek nya: offroad onroad ataukah simple dan teknikal, menjadi lain samasekali saat dijalani di malam hari. Ini juga keistimewaan #5 night ride. Jika anda bosan dengan trek ‘rutin’ anda, coba deh jalani dengan nightride, dijamin akan ditemui rasa yang lain samasekali.

Jadi, jelas kan kenapa belumlah lengkap pengalaman ber mountain bikin tanpa menjalani night ride…

Terimakasih Om Rudy atas pinjaman fixed 50mm f/1.4 nya…

Laporan trip ini didukung oleh Bikewearr…

logo bikewear

One response

  1. odie

    nice story broo….🙂🙂

    Februari 14, 2012 pukul 3:58 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s