enjoy every cadence, every breath…

Sisi lain Campaka-Cianjur, Trek ‘Thousand Hills’-nya Brownsugar p#3

Post ini lanjutan dari bagian kedua…

Setelah menjalani turunan panjang 5km aspal, aspal rusak makadam, lalu masuk singletrack, masuk pematang sawah, nyeberang sungai, makan siang, lalu tempat kecelakaan Om Yadi, trus dilanjut sepatu Om Andri yang ilang dalam lumpur… alhamdulillah kita diberi tanjakan gowesable yang ‘gue bangets’. Tanjakan doubletrack tanah yang panjang meliuk liuk. Di beberapa tempat kita harus berhenti gowes dan terpaksa TTB karena kemiringan trek dan kelicinan hujan semalam tidak memungkinkan untuk memulai gowes lagi sampai daerah yang agak landai di depan.

Disela istirahat meng- habiskan bekal minum, tampak dua motor menyalip dengan bawaan yang seru: satu bawa log kayu, satu lagi bawa segerombolan anjing pemburu…

Kabar yang beredar di seputar para peserta adalah adanya ‘puncak finish di tengah pinus’. Rasanya tempat itu kok tidak datang datang juga… Medan segera berubah dari doubletrack tanah kembali masuk ke singletrack yang diselumuti lumpur sisa hujan semalam. Ungowessable sebagian besar karena licin. Juga masih ingat kejadian Om Yadi tadi.. Singletrack ini lumayan asyik, landai kiri kanan semacam hutan/kebun yang masih teduh. Cuaca yang agak mendung juga membawa suasana lebih enak. Pas banget untuk mendinginkan badan setelah didera tanjakan ‘thousand hills’ yang tiada habisnya. Hujan semalam, membuat trek singletrack ini menjadi sedikit berlumpur dan licin. Saya bayangkan jika kering pasti asyik sekali speeding di part ini.

Tak seberapa lama akhirnya sampailah kami di apa yang disebut rekan-rekan Brownsugar sebagai ‘puncak pinus’. Wah, sebagian besar tim lega, ceria dan seperti terlahir kembali semangatnya. Om Fonda memberi komentar, “Namanya saja ‘Thousand Hills’ ya memang ada ribuan bukit untuk didaki dan dilewati” hehehe…

Keceriaan segera muncul, senyum lebar dan tawa melupakan deraan fisik di tanjakan sejak makan siang, gejala narsis facebook update segera menyeruak. Meskipun tidak semua peserta berkumpul sebanyak saat start, namun tampaknya sebagian besar peserta ikutan di foto keluarga ini.

Bagian trek berikutnya adalah turunan singletrack di kebun lalu masuk ke kampung. Basah, licin, berlumpur di beberapa tempat. TTB berjamaah pun segera dilaksanakan. Beberapa peserta masih sempat terpeleset dan terjatuh saat ttb. Perpaduan antara licin dan mulai melemahnya fisik. Sampai akhirnya kita menemui kampung-kampung. Saya yang sudah kehabisan air minum dan kehausan menjumpai beberapa warung pertama yang dijumpai telah kehabisan stok air minum kemasan, wah rupanya sama, bagian depan juga kehabisan minum. Bagian trek ini masih menyisakan turunan-turunan yang menjadi teknikal karena basahnya tanah. Trek bagian ini mengingatkan saya pada trek turun ke arah Gn Pancar dari Pondok Pemburu.

Sebenarnya bagian akhir ini bisa jadi bagian yang menyenangkan andai saja kering dan pesertanya tidak terlalu banyak dan beragam gaya gowes nya. Tampaknya perlu dicoba lagi trek ini di masa kering yah?

Penutup trek adalah onroad aspal rusak ke titik finish dimana kita sudah ditunggu oleh truk untuk membawa kembali ke Cibeber.

Riden with:
Polygon Collosus SX3 2009
Tyres: Panaracer Fire XC Pro 2.1
Contact: Brownsugar Cycling, Cianjur. Contact Person: Om Fonda facebook: Kang Fonda

My Track rating:
Uphill/Tanjakan: 7/10
Turunan: 7/10
Landscape Beauty: 8/10
Notes: Jangan pas basah deh

Terimakasih Om Rudy atas pinjaman Canon EOS 7D dan lens 10-22 nya…

Laporan trip ini didukung oleh Bikewearr…

logo bikewear

One response

  1. Ping-balik: Sisi lain Campaka-Cianjur, Trek ‘Thousand Hills’-nya Brownsugar p#2 « @antoix

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s