enjoy every cadence, every breath…

Koleksi Kaset, mau diapakan ??

Ini cerita tidak hanya tentang musik dan kegemaran mengoleksi rekaman musik, koleksi kaset, banyak dikumpulkan, dicopy (iya, mbajak), dibeli berkaitan dengan nostalgia dan kenangan tertentu. Saya ingat-ingat lagi, harga satu kaset yang saya beli saat SMA atau kuliah mungkin belasan persen dari total belanja bulanan wakakaka… Jadi, jauh lebih berharga kan? Sebenarnya lebih ‘mahal’.

compact_cassette_internals_diagram

Juga ada beberapa kaset yang terlanjur tidak ada koleksi CD-nya lagi (atau belum ada? atau tidak nyari lagi?). Ini lebih susah lagi. Kalo kaset hilang kan berarti koleksi musik juga hilang.

Sekarang koleksi kaset mungkin ada 300-400biji. Pernah seorang rekan menghibahkan koleksi kasetnya sejumaln 150an biji. Ujungnya sekarang lebih banyak numpuk, lebih sering ndengerin CD (di mobil) dan mp3 (di komputer dan ipod/muvo). Semakin merana saja itu koleksi kaset.

Lebih merana lagi adalah playernya. Sempat mengadalkan player di mobil (tape mobil) tapi memang kaset tuh sangat rentan ya, termasuk playernya, jadi ya entah bagaimana sudah dua tape mobil dan satu compo, pemutar kaset-nya selalu rusak duluan dibanding pemutar CD apalagi radio.

Jadi?
Sementara seingatnya digilir. Minimal kaset pernah dimainkan satu side. Kadang musiknya tidak didengarkan, tidak dinikmati atau dipedulikan, hanya dimainkan saja di compo. Sambil khuatir kalau kasetnya melipat. Ini lagi, traumatis dengan kaset yang melipat saat di-play.

Ribet ya memang koleksi kaset…

3 responses

  1. Agar makin semangat, saya beri award ya mas, silahkan diambil. Sekalian tukeran link, URL blog saya http://ayahaan.wordpress.com dengan nama M Subchan Sholeh. Terima kasih.

    Agustus 29, 2009 pukul 2:55 pm

  2. pakde aku punya koleksi kaset Jadul, ada yg mau merawat dengan penuh cinta?hub. hipposuryonov@yahoo.com.
    tentunya bagi yang sudah mempunyai koleksi, pemula dilarang saling mendahului.

    Agustus 29, 2009 pukul 11:04 pm

  3. Ping-balik: Nostalgia Pink Floyd – The Wall « Harto Basuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s