enjoy every cadence, every breath…

Trek Palasari 3: Part#3 Bukit Tunggul – Caringin Tilu

Trek Trek Palasari 3 yang kita ambil hari ini adalah: Ujungberung – Palintang – Caringin Tilu – Sukamiskin. Tulisan tentang perjalan ini akan terbagi beberapa bagian.
Bagian#1 Ujungberung – Palintang
Bagian#2 Palintang-Kebun Kina
Bagian#3 Kebun Kina-Caringin Tilu-Sukamiskin
Foto-foto ada di http://antoix.multiply.com/photos/album/3/

Semula bagian ketiga trip ini saya kira akan lebih menyenangkan dan tidak terlalu melelahkan. Selain juga kita udah kenyang habis makan, sempat tidur sebentar 15an menit di masjid tempat makan, siap deh kita berangkat lagi…

plang

Segera Om Indra melihat hp nokia-nya yang berfungsi sebagai GPS, kali ini lagi-lagi kita dihadapkan pada turunan yang saya sebut “ala TERJAL”. Liar, ekstrim, berbahaya, curam namun justru berada di tengah area yang sebenarnya banyak jalan ‘normal’. Jadi terasa banget kontradiksinya. Medan kebun Kina yang lengkap dengan jalan memutar-mutar doubletrack yg bisa dilewati kendaraan roda empat tapi malah trek masuk ke semak-semak singletrack di tengah kebun, meluncur turun memotong jalur. Kembali lagi ekstrim, berbahaya, curam, liar. Benar-benar TERJAL !!!

palas3_090504-111

Kali ini kita mengambil arah benar-benar meninggalkan gunung Manglayang jauh di belakang, sudah tak tampak lagi. Di sebelah kanan kita adalah Gn Bukit Tunggul dan medan terus menurun sampai bertemu sebuah desa setelah melewati sebuah hutan pinus.

palas3_090504-113

Sayang sekali disini baterai kamera habis, jadi tidak ada foto samasekali. Setelah melewati sebuah desa kita downhill curam di doubletrack makadam. Buset! Ini downhill berbahaya banget!! Tingkat kecuraman nya sudah agak gak masuk akal. Dan edan-nya poanjaaangg… banget. Rasanya turunan curam nan berbahaya, jalan makadam curam berkelok-kelok akhirnya mencapai sebuah jalan aspal mulus. Kita nanjak lagi dan akhirnya menemui akhir jalan aspal mulus dan tampak gerbang “Perkebunan Bukit Tunggul”. Rupanya ini adalah gerbang (dari arah Maribaya) perkebunan kina yang sudah kita jelajahi hari ini.

Rasanya dalam hati saya ingin saja ambil jalan mulus ke arah Maribaya dan turun lewat lembang onroad. Teruterang badan saya kok lemas ya…

Segera kita ambil jalan makadam nanjaaaaaakkkkk… masuk ke kampung ke arah kanan. Disinilah saya bersama Mas Suroto benar-benar tercecer di belakang. Om Indra dan Om Agus jauh di depan. Lalu kita masuk ke sebuah jalan singletrack dg selokan sedalam 1,5m di sebelah kiri dan variasi medan di sebelah kanan. Benar-benar butuh keseimbangan tinggi disini, singletracknya benar-benar sempit. Mungkin lebarnya hanya 3-4 lebar ban sepedah. Disinilah saya kehilangan keseimbangan di sebuah gundukan dan jatuh ke kebun singkong, ke kedalaman 2-2,5 m di sebelah kanan. GUBRAK!!!

Yang saya ingat, pipi kiri saya tertampar tanah. Saya segera sadar. Saya ingat saat first aid training. Kalau saya sadar, dan saya bisa bergerak dengan tanpa sakit. Artinya saya baik-baik saja. Alhamdulillah tidak ada yang patah. Helm/kepala saya hanya berjarak 50cm dari sebuah batu besar.

Saya cukup traumatis kalau ingat kejadian jatuh ini. Ini adalah jatuh terparah yang pernah saya alami sejak menjalani hobby bersepeda gunung. Kepala yang jatuh dekat sekali dengan batu sangat membayang terus di ingatan saya.

Lalu kami segera bertemu singletrack yang nanjaaaakkk… terus. Jalan ini kita share bersama klub motocross TRABAS yang sedang berkegiatan dari arah yang berlawanan. Menghadapi tanjakan trek yang hancur jadi lumpur (motor-cross nya di gaaassss terus, spin ban belakang) kita sampai juga ke pertigaan diatas Cibodas.

palas3_090504-114

Disinilah kita sempat istirahat, mengganti batere kamera sehingga bisa ambil foto lagi, juga bisa mengobati dengkul kiri yang perih, ternyata luka.

Pada trip Palasari yang lalu kami juga melewati pertigaan ini menuju Oray Tapa, namun kondisi jalan-nya setelah hujan ternyata telah merubah trek menjadi berbeda samasekali.

palas3_090504-116

Turunan singletrack moy segera kita temui setelah melewati sebuah pertigaan. Arah ke kiri pertigaan adalah ke Oray Tapa, kita ke kanan, langsung turun ke arah Sukamiskin.

palas3_090504-117

Turunan ini sebenarnya pasti asyik sekali dilalui kalau trek tidak basah dan berlumpur.

palas3_090504-119

Setelah itu trek agak membosankan, karena melewati turunan aspal dan aspal rusak ke arah Sukamiskin. Terbayang-bayang di beberapa bagian trek, jalan balik ini kayaknya sangat indah untuk digowes najak. Hehehe… Dari turunan ini kita bisa lihat ke arah kanan adalah punggung bukit tetangga yang berisi trek Caringin Tilu.

Akhirnya trip berakhir di daerah Sukamiskin.

Selesailah trip ini ditutup dengan gowes menuju Buah Batu.

Antoix rating:

Pemandangan: 8/10
Uphill: 9/10
Downhill: 8/10
Technical: 8/10
Endurance: 10/10
Jarak: 9/10

Start Uphill: Masjid Agung Ujung Berung
Finish uphill: Perkebunan Kina, Bukit Tunggul
Finish Downhill: Sukamiskin

P31PDN

Trip ini didukung oleh Bikewear…

logo bikewear

One response

  1. Ping-balik: Trek Palasari 3: Part#2 Palintang – Kebun Kina « Harto Basuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s