enjoy every cadence, every breath…

1PDN Trip: Sentul – Bojongkoneng KM 0

Ini adalah gowes kedua saya ke Bojongkoneng. Bojongkoneng/BK/Km 0 (nol) adalah trek nanjak onroad aspal mulus plus aspal rusak di daerah Sentul atas. Tempat start adalah di Bellanova Sentul City. Begitu keluar pintu tol sentul City (dari arah Jakarta) belok kiri, berputar di bundaran dan ambil parkir di kawasan Ruko/Mall/Hypermart/Bellanova. Sehari dua ribu rupiah. Di tempat ini juga ada Cafe Teratai yang sudah kondang itu.

BjKoneng090504-003

Ada banyak variasi trek dari Bellanova ini, selain langsung ke arah KM Nol juga ada yang berputar dulu lewat jalur lebih landai, ada juga yang menuju Gunung Pancar/SEBEX.

BjKoneng090504-016
Cara favorit naro ban dalam cadangan.

BjKoneng090504-029
Berangkat di cuaca panas. HOT HOT

Saya tidak sempat tanya-tanya nama kampung sambil gowes, tapi pada gowes kedua kali ini saya lebih bisa menikmati detail, betapa trek ini memang layak menjadi trek pendek latihan nandjak aspal. Meskipun, karena kurang panjang, susah untuk dibilang trek wajib 1PDN.

Setelah melewati rolling-rolling perbukitan jalan mulus dari Bellanova terus sampai ke ujung Sentul City, akhirnya kita ambil jalan ke kanan, ke arah jalan aspal, jalan desa. Jalan mulus Sentul City sih masih sangat bisa dinikmati, selain halus aspalnya, juga pemandangan taman di seputaran jalan juga enak buat dilihat. Di beberapa area malah saya merasakan bau pohon pinus yang cukup khas itu.

Setelah masuk jalan desa, yang lebarnya terbatas, jadi kalau kita ketemu truk engkel kepala kuning pun pesepeda harus agak minggir2 inilah perjuangan sebenarnya dimulai…

Karakter jalannya aspal, berlobang-lobang, di beberapa tempat sangat rusak sehingga jadi jalan sirtu. Tingkat kemiringan sangat beragam, bervariasi dari landai ke curam. Yang menarik dari trek semacam ini adalah kejutan-kejutannya. Tidak seperti track jalan propinsi Gadog-Puncak Pass atau Cariu-Puncak Pinus, trek jalan kampung ini lebih berkelok kelok, dan kadang di balik sebuah kelokan bisa muncul tanjakan jahanam yang tak terlihat sebelumnya atau malah jalan landai. Kejutan-kejutan seperti inilah yang harus kita hadapi, maklum belum hafal. Kalo Mang Oni yang sering latihan ke trek ini seminggu beberapa kali pasti sudah apal tiap tanjakan, belokan, landai, warung dan teteh hehehe…

I recall my short memory, tanjakan jahanam-nya ada di 3-5 titik. Tapi trek ini indah banget buat latihan, karena selain pendek (cukup sejam dengan kecepatan saya, jauh lebih pelan dari Pak Rektor) juga tidak intens dan jahanam sahut menyahut. Just right untuk membuat paha dan betis berdecit-decit dan masih bisa jadwalkan kegiatan lain di hari yang sama.

BjKoneng090504-036

Antoix rating:

Pemandangan: 6/10
Uphill: 7/10
Downhill: 6/10
Technical: 6/10
Endurance: 8/10
Jarak: 6/10
waktu tempuh: 60menit up, 15menit down

Start Uphill: Bellanova, Sentul City
Finish uphill: Km Nol, Bojongkoneng

One response

  1. Ping-balik: WJxc Ride#7 Km 0 down offroad Singkong, Sentul, Bogor (En) « @antoix

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s