enjoy every cadence, every breath…

1PDN Trip: I Don’t Like Monday – Gadog > Rindu Alam

Senin, 20 April 2009

Rundown (versi awal yg start dari BankLippo Bogor)

0600 berangkat dari Alfamidi Cikarang Baru
0700 sampai di Bogor, parkir di Lippobank depan Kebun Raya, loading, sarapan
0730 mulai genjot ke Gadog (jalur via Lakeside, aspal rusak pinggir tol)
0830 sampai di Gadog, pit stop pertama
0900 Bismillah nanjak ke Rindu Alam
1015 Pitstop bentar di pertigaan taman safari, re-grup
1130 Semua sudah finish di Rindu Alam, makan, solat
1230 Turun via jalur offroad Rindu Alam, plus ngehe1&2
1500 Pitstop setelah Ngehe1
1700 Pitstop regrup di Gadog
1800 Sampai di Lippobank lagi

Moga2 beneran gitu jadi kita gak perlu NR hehehe..
Dan nanjak dari Lippo itu tantangan cukup berat dibandingkan dari Gadog.

====end of Rundown awal

Rundown diatas direvisi, mengingat memenuhi hasrat terpendam Om Sigit untuk menyelesaikan kuliah 1PDN Rindu Alam ini dengan baik dan benar. Jadi, target utamanya: compliance… Om Sigit punya dengam dan trauma tersendiri dengan matakuliah ini.

Actual rundown jadinya:

0530 sudah mulai siap-siap
Hari ini saya putuskan untuk pakai cara baru membawa minum. Sebelumnya saya selalu menikmati dengan hydropak dan satu setengah liter air nongkrong di punggung. Sambil berdoa supaya cuaca bersahabat (karena jadi gak bawa jas hujan) tools, P3K saya masukkan ke tas sepeda eager yang menempel atara toptube dan seat tube. Ada alasan lain yang gak terlalu penting sih, supaya tulisan “Petjinta Djalan Nandjak” di punggung jersey 1PDN bisa tampak jelas dari belakang hehehe..

0555 ting-ting… bunyi bel sepeda Om Sigit sudah terdengar

doublegdrapict4343

0720 kita sudah unloading di depan Alfa Gadog (ternyata bukan indomaret ya?). Cukup gondok juga mau sepedahan di hari senin tapi tetap saja kena antrian panjang di TOL Jakarta-Cikampek sebelum masuk tol JORR lewat cikunir. Senin tetap senin kalo udah lalu lintas di tol.
Mencoba menerapkan pengetahuan baru saya tentang “Carbo-loading” sejak dua hari lalu tubuh sudah diterpa dengan karbohidrat kompleks yang melebihi porsi biasanya. Agak aneh juga rasanya, makan nasi jadi dibanyakin, trus kadang berusaha nambah, makan roti kalau pagi juga lebih banyak. Porsi nasi saya dua hari terakhir 2-3 kali lipat porsi biasa (kok jadi inget Om Dhani Bogor yah?).

0745 Sepeda dan body siap.
Berdoa dalam hati, Bismillah, “24 km nandjak Om Sigit, yuk kita mulai”
Om Sigit di depan dulu saya kuntit melewati tanjakan pertama Gadog yang maut dan meruntuhkan mental banyak pesepeda itu. Setelah 2km-an dan saya lihat kayuhan bliau mulai ‘aman’, saya naikkan speed, coba bertahan di kecepatan dua digit.

doublegdrapict4352
Lihat saja foto ini, jalanan raya puncak sepi banget kan?

Sempat kaget juga di salah satu medan rata, tiba2 Om Sigit muncul dan ngentut-in saya. Wooo… Sayangnya setelah itu segera menyambut rangkaian tanjakan diakhiri dengan Cibulan.

0835 Yeiii… lumayan neh, catatan waktu lebih cepat 5 menit dari trip yang lalu. 50 menit sampai di pertigaan taman safari. Pesan teh panas panas. Srupuuuuttt…. nyam..!!!

empat menit kemudian, Om Sigit muncul! Wah! dekat juga, lebih cepat dari yang saya duga.

0850 Mulai genjot lagi. Nasehat Mbah Rektor sih kalau ingin catatan waktu bagus sebaiknya gak berhenti sebenernya.

doublegdrapict4366
Cuaca cerah sekali ya, langit biru, suhu udara terasa agak panas. Coba ada sedikit awan-awan, bakal makin indah foto ini. Tapi lumayan lah foto diambil sambil tetap genjot.

Lagi Om Sigit di depan dulu, melewati kampung dan daerah penuh tulisan Arab. Lalu ketemu turunan dan jembatan. Nah, ini dia, tanjakan panjang dan lurus dimulai lagi.

Sambil tengok2, menjelang Tugu, mana sih belokan ke offroad Villa Syuga? Akhirnya ketemu juga. Wah, tampak menantang!! Next RA Trip kita coba lewat situ yuk!!

Setelah melewati beberapa tanjakan panjang dan lurus, sambil mengingat ingat dimana saja trip GD-RA yang lalu saya berhenti dan ambil napas, mengenang, saya segera dapat ritem genjot yang huenak setelah memasuki kawasan kebun teh.

Pemandangan indah, dipadu dengan udara sejuk, lalulintas hari senin yang sangat bersahabat, wah… rasanya kawasan Gunung Mas cepat sekali lewat. Sesekali saya tengok ke belakang nyoba nyari Om Sigit. Itulah hebatnya jersey gonjeng 1PDN, akhirnya kelihatan juga, wah, cukup jauh.

doublegdrapict43681

0943 Tanpa berpindah ke gigi depan terkecil (beda banget dengan trip lalu) segera saya sampai di Atta’awun. Wooiiii… makin semangat karena saya liat cycling time cukup menjanjikan, meskipun lewat sms Mbah Rektor memberi target 50 menit sampai Mang Ade tampaknya agak mustahil. Sedikit lewat dari Atta’awun saya mulai sengaja masuk ke fasa anaerobik, saya sprint, siapa tau bisa dapat catatan waktu lumayan. Pokoknya cycling time dibawah 2jam saja sudah menggembirakan hati saya.

Berat juga ya sprint begini, kerasa banget terutama otot paha dan betis yang menjerit-jerit di telinga saya. Pertanda baik, bener berarti asam laktat mulai terbentuk, bener berarti saya masuk anaerobik. Kalau lelah sprint, gear saya pindah dan saya genjot sambil berdiri memanfaatkan gravitasi, menggunakan seri otot yang lain, dan mengistirahatkan pantat.

doublegdrapict4382

1000 Alhamdulillah cycling time di cyclo bilang sampai di Mang Ade 1 jam 56 menit. Cihuy…. segera pesan sate dan nasi yang banyak…
Om Sigit sampai 10 menit kemudian.

doublegdrapict4389
Mang Ade dan dagangan kaos nya…

Kata Cyclo:
Distance: 22.29 km
Cycling time: 1j 56mnt 46dtk
Average speed: 11.4 km/j
Max speed: 43.5 km/j
Odometer: 4933 km

Cerita turunnya lewat trek klasik Rindu Alam-Gadog offroad disini..

Laporan trip ini didukung oleh Bikewear…

logo bikewear

One response

  1. Ping-balik: RAtrek 20 April 2009 « Harto Basuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s