enjoy every cadence, every breath…

1PDN Trip Palasari (part 1): Padasuka – Caringin Tilu – Tanjakan Hirung – Kp. Buntis

Saya coba ceritakan pengalaman saya gowes ke trek legendaris-nya Bandung: Palasari 1. Sebenarnya saya kesulitan sekali melukiskan pengalaman luarbiasa gowes Jumat minggu lalu, tapi kok lebih sayang kalau tak diceritakan.

Kali ini saya tidak detail menceritakannya secara kronologis, saya mencoba menceritakan dengan gaya yang berbeda. Saya buat time frame sederhana, lalu saya cerita hanya di bagian-bagian trip tertentu yang sangat berkesan.

##Cicaheum/Padasuka ==>> Caringin Tilu

pala_pict39821
Beberapa ratus meter dari titik start, sempat foto di depan Saung Angklung Mang Udjo.

pala_pict3990
pala_pict4002
Tanjakannya satu tapi sambung sambung sambung terus….

Start 700m dpl
Caringin Tilu (beringin pertama sih) 1200m dpl
hanya 5,5 km !!!

Bandingkan dengan Gadog-Rindu Alam
start 400m dpl, finish 1295m dpl
dalam 24 km

Mungkin inilah trek paling menantang untuk penanjak. Saat memulai Om Aip bilang, “Tanjakannya cuma satu…” ternyata beliau tidak berbohong. ‘Bonus’ (baca: jalan mendatar/sedikit turun) seingat saya hanya satu kali saja sesaat setelah berangkat.

Trek sangat pendek, hanya 5.6km onroad mulus ini menggugurkan semua teori yang saya pelajari saat nanjak onroad, misal “Jangan pakai gigi depan terkecil…” wah wah.. percaya deh, meski jalan mulus tidak terbayang di kepala saya, saya bisa melewati trek ini tanpa menggunakan jurus pamungkas: gear depan terkecil gear belakang terbesar.

Untuk mempertahankan momentum, Om Iangara sampai keliling lapangan bola yang ada di pinggir jalan dulu. Mending keliling lapangan bola asal bisa mengatur nafas kembali.

Bagian penutup tanjakan ini, satu kilometer terakhir, adalah bagian paling menantang dan paling berat. Berkelok mirip kelok sembilan, sehingga kita bisa melihat kelokan berikutnya di depan, dan kemiringan jalan nya hampir tak terbayangkan. Disini saya disalip Isuzu Panther dan Innova yang berpindah ke gigi satu.

pala_pict4008

Layak banget dicoba. Menurut saya lintasan 5.6 km ini harus diprioritaskan pada next 1PDN trip ke Bandung. Pasti akan tambah seru kalau didampingi rekan-rekan TERJAL…

##Tanjakan Hirung

Tanjakan ini kabarnya mengharuskan kita gowes sambil membungkuk, memindahkan titik berat tubuh ke depan, sehingga mendekatkan hidung (hirung: basa sunda) ke stem. Kapan lagi mencium bau stem sepeda sendiri sambil ter-engah-engah.

Dari Caringin Tilu, kita turun dikit ke kiri, melambung berputar mengelilingi sebuah punggung lalu kita dihadapkan pada jalan aspal rusak, lurus. Hmmm… Ini dia rupanya. Sempat front wheel kita terangkat-angkat sedikit. Asik sekali dan puas banget pas sampai diatas.

pala_pict40321

##Kampung Buntis

pala_pict40421

Ini adalah desa atau kampung terakhir sebelum kita memasuki wilayah hutan pinus. Setelah melihat-lihat foto di multiply-nya rogerbagen, gemeteran saya melihat foto rekan-rekan terjal dengan baju basah di pertigaan kampung ini. Mirip melihat band of brothers habis perang di kala hujan setelah mendarat di normandy.

pala_pict4056
Rapi, ceria, dan kenyang. Habis jumatan dan makan.

cemang-cemong
Bandingkan dengan ini
(didapat dari http://mtbroger.multiply.com/photos/album/84/palasari_III_……_1_mei_2008 )

Untuk yang tidak genjot menanjak, ini adalah tempat unloading sepeda. Siang itu kami jumatan dan makan siang disini. Pemandangan kampung ini indah banget, tampak dikejauhan jalan yang akan kita lalui naik kerus meliuk liuk menembus kebun dan hutan pinus diatas bukit.

Foto-foto trip ini lebih lengkap ada di…
multiply-nya 1PDN disini…
multiply-nya Om Aipf disini…

2 responses

  1. Ping-balik: 1PDN Trip Palasari (part2): Oray Tapa - Warung Kopi - Palasari - Pasir Impun « Harto Basuki

  2. akhirnya bisa mencicipi juga menu tanjakan caringin tilu, hahay,,,,penasaran ma tanjakan hirung euy !!!! ajak ajak lagi yah😛

    untuk reportase gowes short ride cartil, silahkan mampi di http://juneexc.wordpress.com/2011/04/11/caringin-tilu-cuma-7-km/

    * semoga berkenan

    April 12, 2011 pukul 5:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s