enjoy every cadence, every breath…

BIKEHOLIC jilid 3: Trek Jalur Pipa Gas – JPG

Tulisan ini adalah bagian lanjutan dari bagian 2:trek UI kegiatan BIKEHOLIC: tiga trek dalam sehari milis cikarangmtb@yahoogroups.com

Sempat bengong melihat betapa deras-nya hujan turun saat setelah makan kita sholat di masjid kampus UI. Asli deres banget. Air seperti gak berenti diguyurkan dari langit.. Mana petir nyamber nyamber lagi. Lihat kiri kanan setelah beres sholat, kami tinggal ber-6. Hanya bersisa 30% dari jumlah rombongan hingar bingar tadi pagi. Ada perasaan kecut juga, lihat cuaca, baju udah kotor semua (hampir semua kami udah pakai baju ganti dari trek tadi pagi)… Apa perlu kita tunggu hujan berhenti dulu? Weh, udah jam 1430 neh…

“Yuk, berangkat lagi!!!…”
kata salah satu Om (saya lupa siapa), seperti magnet, yang jelas kita semua segera berdiri dan bergegas menembus hujan balik ke mobil karena sudah menunggu trek ketiga untuk melengkapi BIKEHOLIC… JPG!!!

Avanza Om Sigit kembali beraksi. Sambil asyik kita bicarain kedua trek tadi pagi dan siang, lumayan buat menyemangati karena Om Sigit harus menembus hujan lebat dalam tol TB Simatupang menuju Bintaro. Hujan semakin deras dan pekat, tiba-tiba di seputaran Tanah Kusir banyak banget mobil melambat di depan. Ternyata banyak mobil berhenti karena ada hujan es. Gelotakan suara kaca dan body mobil kena butiran2 es. Weleh, jadi kayak apa ya trek JPG?

bikewearrjpg

Akhirnyaaa… kami sampai juga di trek JPG, untung sudah apal jalan datangnya karena udah dua kali kesini.

bikeholicpict3493
Hujan sih sudah tinggal rintik2. Gak buang waktu lama, segera kita masuk trek di-guide oleh Om Inu.

bikeholicpict3495

bikeholicpict3499

Trek luarbiasa licin. Jika tanah padat licin dan basah, jika tanah gembur jadi berlumpur dan juga licin. Aduh!! BELEPOTAN !!! Sempat juga stress karena selain sepeda jadi gak bisa dikendalikan dengan mudah, resiko menjalani trek juga jadi lebih tinggi.

Untung Om Inu (yang memilih lepas baju atas karena kebayang musti nyuci belepotan) sebagai mentor yang baik memberikan sisi menarik lain dari bersepeda gunung di technical track seperti ini… Secara singkat pelajaran yang diberikan adalah “safety riding” hahaha… Dasar biker berpengalaman, jadi aja tau caranya melihat dari sisi lain yang lucu padahal intinya memang benar: ride safely (in the extra hazard terrain condition). Salut untuk Om Inu !!!! I learn a lot from you today bro!!

bikeholicpict3503
Cuma ambil sedikit gambar di trek. Itupun dengan hasil kamera belepotan kena lumpur. Ini foto Om Sigit di atas jembatan bambu.

Tidak banyak yang saya bisa ceritakan tentang trek JPG di saat belepotan begini, kecuali wire rem depan Cozmic saya yang putus saat tanjakan pertama weleeehh… Semua turunan dijalani dengan hati deg-deg an banget hehe: tanpa rem depan dan tanah licin. Ampun dah!!!

Hampir semua obstacle istimewa di JPG tidak mungkin dilewati karena terlalu licin dan berbahaya, ini termasuk Turunan S dan Roller Coaster. Oke deh, musti ada kelas HER nih lain kali dijadwalkan lagi. Melewati trek 6.5 km ini dengan selamat baik orang maupun sepedanya pun sudah merupakan kesuksesan tersendiri.

Akhirnya inilah foto lima peserta yang lulus Cum Laude dari Gowes BIKEHOLIC tiga trek ini:

bikeholicpict3505
Om Sigit dengan Unite Dominate Putih… Setahu saya ini adalah perjalan pertama ke JJ dan UI. Dan perjalan kedua di JPG.

bikeholicpict3506
Om Bambang Irawan dengan United Merah-Putih

bikeholicpict3507
Om Adrianullah dengan United Patrol

bikeholicpict3508
Om Hanif dengan United Patrol Putih

bikeholicpict3509
Om Adji dengan United Patrol Biru

Fyuh…. “Nah, sekarang kalo mau ngebut silakan” kata Om Inu…
Tampak pemandangan langit mulai memerah menjelang maghrib.
bikeholicpict3512

Hasilnya adalah sepeda yang benar-benar belepotan.
bikeholicpict3515

FYUIHHH… lega dan bangga nya kami berhasil melalui tiga trek ini dalam sehari. Di milis cikarangmtb@yahoogroups.com sebelumnya saya hanya bilang memimpikan “Double Expresso” UI dan JPG, tapi akhirnya dapat BIKEHOLIC tiga trek!!

5 responses

  1. Ping-balik: Cikarangmtb BIKEHOLIC; Tiga Trek Sepeda JJ UI JPG dalam sehari « Harto Basuki

  2. Treck JPGnya ok banget mas, sama kayak dikomunitas SXC2, hehehee

    salam sepedaan selalu
    eh mas blognya say link ya…

    http://sibirupremier.wordpress.com/

    Maret 25, 2009 pukul 10:56 am

  3. Anonim

    mantaaap…hujan2 msk trek, cobain sekarang om pas kering…pasti ketagihan

    April 29, 2009 pukul 10:43 am

  4. Hi JPG

    Saya Emmy dari Picasa’s Entertainment,
    Kami Bermaksud mau mengadakan acara Jointfit Activation.
    Background dari acara ini adalah: Melakukan aktivitas promosi dan Edukasi di kalangan komunitas

    Key Messagenya adalah : “Joinfit keep you doing what you Love”

    Objectivenya adalah: Membentuk brand image di kalangan komunitas termasuk komuntas sepeda,bahwa bila terjadi masalah dengan persendian , Joinfit lah solusinya

    kemudian Tips seputar Do and Don’t dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan persendian.

    Rencananya acara ini akan di adakan pada tanggal 20 December 2009, bertempat di mana komunitas JPG biasa berkumpul, contohnya jombang tangerang.

    Bersama dengan surat ini saya bermaksud untuk bisa mendapatkan comtact person dari JPG yang bisa saya hubungi untuk kelangsungan acara ini.

    Terima Kasih

    Desember 15, 2009 pukul 5:40 pm

  5. wildann

    Kasih tw donk MAP nya masalahnya rmh saya deket2 trek situ apakah bnr Trek JPG
    daerah Jombang ciptat..??

    Februari 15, 2011 pukul 1:03 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s