enjoy every cadence, every breath…

BIKEHOLIC jilid 2: Trek Hutan UI

Sebagai lanjutan BIKEHOLIC jilid 1, Perjalanan para Bikeholic dari cikarangmtb@yahoogroups.com dilanjutkan ke trek kedua dari tiga trek: JJ-UI-JPG yang kita canangkan dalam rangka BIKEHOLIC ini.

Tim sudah tidak sebanyak saat di Jalur Jatiasih, kita loading sepeda di parkiran dekat FISIP. Cuaca terasa sangat panas terik. Kuatir juga kalo harus gowes poanas-poanas begini, kalo di cikarang siang bolong begini mataharinya ada 7 dan pas diatas kepala kita. Kekuatiran yang segera terbukti tidak perlu terjadi, karena seperti apapun cuacanya, trek UI bener-bener ADEM !!

bikeholicpict3446

Kami lalu rolling-rolling di trek jalan/sepeda nya yang selebar sekitar 2 -3 meter. Trek ini adalah trek dari batako/semen yang ada di sebelah jalan raya. Karena menjorok ke dalam pepohonan/hutan, kadang juga memakai trotoar, trek ini terasa adem sekali. Melihat adanya banyak tempat parkir sepeda di dekat halte bus, trek ini memang dibuat untuk commuting di dalam kampus rupanya. Dan di weekend seperti ini trek ini jadi trek ideal untuk bersepeda/berjalan santai bersama keluarga.

bikewearrui1
(foto ndiri bisa muncul dari multiply Om Sigit Bikewearr)

bikeholicpict3454

Sekitar 5 menit gowes santai akhirnya nyampai di tempat start dan finish trek Hutan UI. Dari kejauhan tampak ada pesepeda yang sedang mangkal di pinggir hutan, baru kemudian disadari ini rupanya yang namanya ‘mangkok Hutan UI’, pantes aja pesepeda2nya yang disitu bergaya dirt jump semua. Ini adalah pertama kali saya lihat sendiri pesepeda DJ beraksi dan juga ikut nyobain adrenalin-nya rolling drop ke dalam mangkok dan naik lagi di seberang. Seru juga sampai ulang 2-3 kali.

bikewearrui2
Kenikmatan nandjak yang hanya sesaat

Setelah beberapa kali tertawa bersama melihat rekan lain mengatasi ketakutan turun dan kesulitan nanjak, Om Tjatur, sebagai kapten kita di trek UI ini segera kasih perintah pertamanya, “Speed ya…”. Buset!! Dia segera melesat melahap singletrack yang meliuk-liuk di tengah hutan.

Terusterang, trek UI segera mengingatkan saya pada feel dingin dan di tengah hutan tropis seperti yang saya rasakan di Mt.Kiara, Kuala Lumpur. Entah kenapa memori Kiara segera saja nempel di kepala. Tipe vegetasinya, pohon-pohon besarnya, keteduhannya, lebar dan style singletrack-nya. Sensasi Kiara segera muncul, namun tentusaja tanpa technical uphill dan drop off ala Kiara yang banyak banget, karena Kiara kan berbukit gunung, jadi tidak ‘flat’ seperti UI ini. Sial!!! Segera saya kembali menyesal kenapa baru kali ini cobain trek Hutan UI!!

Saya masih bisa mengikuti speed Om Tjatur sampai akhirnya berhenti begitu kelihatan ada danau.

Pantes Om Tjatur memutuskan berhenti, karena rekan-rekan di belakang ternyata cukup jauh tertinggal. Setelah berkumpul, segeralah terlihat sebuah drop off yang langsung berhadapan dengan danau sudah menunggu. Tanah basah dan licin, sementara sekitar lima meter di depan drop off setinggi sekitar 2-3 meter ini sudah menunggu danau untuk siapapun yang tidak berhasil mengendalikan spedanya dengan baik.

bikeholicpict3456
bikeholicpict3457
bikeholicpict3458

Berbagai jurus segera diperagakan oleh para peserta BIKEHOLIC, termasuk jurus perosotan, jurus “lebih cepat sepeda dibanding orangnya”, dll. Cukup fun, mengkhawatirkan sekaligus juga menegangkan, untung semuanya selamat tidak ada yg perlu bablas nyemplung ke danau (saya yakin pasti ada yg pernah). Kita lanjut gowes dengan mengitari seputar danau, wah, eksotis sekali. Meski matahari diatas kepala namun tak terasa di bawah keteduhan hutan UI.

bikeholicpict3459
bikeholicpict34601
bikeholicpict3462
hmargaui2

Selanjutnya adalah menyusur danau (lagi) dan masuk ke hutan (lagi). Kayaknya saya jatuh cinta nih sama trek ini, padahal bukan trek nandjak tapi kok ada rasa pengen ngulangin segera yah?

bikewearrui3
Foto favorit saya neh, kok ya kebetulan jadi obyek hehehe… Keren nih framing Om Sigit http://bikewearr.multiply.com/

hmargaui1
bikeholicpict3465
bikeholicpict3468
Ada yang punya alasan untuk tidak lanjut ke jilid ketiga karena sadel-nya rusak.

bikeholicpict3469

TREK HUTAN UI (Universitas Indonesia)
Lokasi parkir/start/finish: Parkir depan FISIP
panjang: 5.6km
karakter:
90% singletrack, 10% jalanan kampus
satu drop off maut
vegetasi hutan benar-benar berbeda dengan trek manapun. Hutan tampak terpelihara dan terawat, di beberapa spot tampak sedang ada area yang ditanami tanaman baru. Dingin adem meskipun gowes di tengah hari siang bolong.
Anto’s Track Rating:
Uphill 4/10
Drop Off 7/10
technical 5/10
Pemandangan 6/10

Setelah kelaparan dan makan siang di Bebek Tik Tok, kita kembali ke UI, melewati trek istimewa ala Om Adji, djuragan departemen ilmu material UI hehehe…

bikeholicpict3479
Trek nembus jemuran.

bikeholicpict3481
Singletrack bukan ya ini? Yang jelas cukup asik main drop off di tangga menuju Jembatan TEXAS.

bikeholicpict3483
bikeholicpict3488
Perut kenyang, hati riang, saatnya narsis di Jembatan TEXAS.

Tak lama kemudian hujan turun sangat amat deras, untung sepeda sudah loading kembali ke mobil. Kita Istirahat sholat di masjid UI dalam keadaan hujan sangat lebat dan petir menyambar. Wah, baru kerasa, tinggal 3 mobil dan 6 pesepeda yang akan melanjutkan ke jilid ketiga BIKEHOLIC di JPG…

5 responses

  1. Ping-balik: Cikarangmtb BIKEHOLIC; Tiga Trek Sepeda JJ UI JPG dalam sehari « Harto Basuki

  2. Ping-balik: BIKEHOLIC jilid 3: Trek Jalur Pipa Gas - JPG « Harto Basuki

  3. Iyuh

    Mantap dah…kapan-kapan bareng dah main di trek ui….

    November 14, 2009 pukul 11:14 pm

  4. Bisa didetailkan gak treknya lewat tepi danau mana aja.
    Kebetulan rumah sy di blk UI dan dulu kadang-kadang masuk hutan pake sepeda saya. Sendirian… tanpa peralatan lengkap kayak bikeholic ini. Pokoknya masuk hutan. Kalo saya tahu trek kalian sy coba deh.
    Dan mungkin jg sy bisa kasih usulan trek baru untuk kalian coba.
    Sy nulis bbrp pengalaman saya di blog sy.

    Oktober 11, 2010 pukul 11:08 am

  5. mantab nih om, salam kenal dari saya.
    tar mau nyobain deh ke hutan UI.
    tks infonya, sangat membantu.

    Maret 20, 2013 pukul 1:34 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s