enjoy every cadence, every breath…

Miles Davis juga celingukan kok…

miles-davis

Beberapa waktu lalu saya sempatkan nonton DVD ‘Herbie Hancock – Possibilities’. Seru, karena sebagai musis jazz Mr. Hancock ‘menantang’ beberapa musisi untuk mencari titik temu yang sangat spontaneous. Lagunya ada yg dibuat di tempat, diubah ditempat, belom ada ide waktu ketemu, dll. Di lagu pertama ada Cristina Aguilera nyanyi keren banget. Meski dandanannya ala Madonna banget, sangat putih blondie gitu, tapi suaranya ‘hitam’ banget.

Salah satu yang menarik adalah saat Mr. Hancock menceritakan pengalamannya bersama Miles Davis grup. Dia waktu itu masih sangat muda dan ‘dipaksa’ bermain satu grup dengan musisi sekelas Dave Holland pada bass, Wayne Shorter di Sax, Miles di Trumpet. Mampus dah. Mana Mr. Davis ini memiliki pemahaman tentang ‘musik jazz’ yang sangat unik.

Menurut bliau, jazz adalah spontanitas. Jazz itu harus fresh dan keluar dari hati. Saking ekstrim-nya Miles Davis memegang teguh prinsip ini maka beliau selalu menerapkan latihan yang sangat minim, bahkan tidak perlu latihan. Semua tercipta di atas panggung dan bisa diubah di atas panggung. Memang sih seru juga kalo liat band ini main, tampak benar tuh “celingukan”-nya, tapi segera disambut dengan pendalaman musikal, jadi setelah dengar secara fresh musik dibawa kemana maka langsung bereaksi dengan interpretasi baru ke area baru. Kebayang banget, ikut band ini seperti masuk ke ruangan yang kita tidak tahu bentuknya seperti apa, pintunya dimana, perabotan ada dimana, pokoknya masuk dan dilanjutkan dengan eksplorasi ruangan itu menurut keinginan sendiri-sendiri. Selama masih ada di ruangan, kita masih memainkan satu lagu, berinteraksi dari apa yang dirasakan dan didengar.

Mantap juga ya?
Ini band “celingukan” kelas kakap…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s