enjoy every cadence, every breath…

Dangdut is the music of my country . . .

Sudah lama pengen nulis ini sebenernya, dan saat akhirnya akan kutulis juga, yang terlintas adalah judul lagu project POP diatas. Menurutku pas banget !!

Oke oke… Mungkin ada yang gak setuju kalo negara kita yang besar ini diwakili oleh musik dangdut, silakan… Selain bendera dan lambang negara kayaknya yang lain belum ada yg resmi juga sebagai wakil negara kita. Tapi ada banyak alasan kenapa kita layak menganggap Dangdut dengan serius sebagai musik-nya negara.

1) It’s in your blood !!!
Ini terutama buat mereka yang mengaku tidak suka dangdut. Coba deh jujur pada diri sendiri, meskipun anda mengaku tidak suka dangdut, tapi apa bener anda tidak hapal nada dan/atau plus syair dari salah satu lagu dangdut?? BOHONG kalo gak ada yang nyantol… Bukti? Siapa deh yang kenal lagu “Begadang”-nya Rhoma Irama.

Dangdut ada didarahmu bung/non. Gak usah mengingkarinya karena darahmu tidak akan berbohong. Musik ini secara integral sudah mengalir dalam dirimu !!

2) Massal dan Universal
Dangdut adalah pemersatu deh. Coba event musik apasaja, misal pop, jazz atau apapun lah, hampir pasti audiens tidak akan seluas kalau dangdut, yang ajaibnya bisa dinikmati secara massal, adalah musik yang universal-nasional. Di Indonesia dimana juga, kau setel lagu dangdut dari radio, hampir pasti gak ada yang protes.

Ini karena dangdut dikenal dan dimengerti dimana-mana di negeri ini.

Sayangnya, justru karena universal-massal-nasional ini, musik dangdut paling sering digunakan untuk berbagai tujuan bukan musikal. Misal ada artis yang umbar body pake dangdut, ada politikus bikin lagu ya lagu dangdut, ada yang cari sensasi memanfaatkan dangdut, kampanye parpol panggungnya dangdut, warung remang-remang hampir pasti lagunya dangdut, dll.

dangdut_je

Sedih dan miris (sekaligus nikmat hehe) juga lihat pemanfaatannya, tapi sudahlah… Dangdut is in your blood, it’s the music of my country, Indonesia.

2 responses

  1. Ping-balik: Dangdut is the music of my country . . . :: Indo Arsip

  2. MARTIN APRIANSAH

    DANGDUT SANGAT BAGUS UNTUK SIAPANPUN YANG MENYUKAI TDK MEMANDANG BULU ,

    Juli 30, 2009 pukul 2:36 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s