enjoy every cadence, every breath…

The World is Flat !!

misi2009

misi2009

Saya dengar kata-kata diatas dari rekan-rekan 1PDN (Ikatan Penikmat Djalan Nandjak) http://1pdn.multiply.com wah… rasanya pertama dengar kata-kata itu kok terdengar kontradiktif: ada kesan arogansi sekaligus percaya diri. Entah apakah impresi ini juga dirasakan oleh rekan-rekan lain yang baru kenal 1PDN, tapi yang jelas saya merasakan semua impresi itu hancur lebur saat beneran saya gowes langsung diatas sepeda dalam acara-acara kuliah 1PDN.

Samasekali tidak ada arogansi, yang ada adalah rasa kebersamaan greget untuk menikmati jalan menanjak. Dalam beberapa kesempatan saya malah melihat bukan ke-‘super’-an yang mucul, namun geliat kuat untuk mengalahkan dan menundukkan diri sendiri, berusaha menghabiskan trek menanjak yang tak kunjung habis.

Empatbelas bulan gowes bareng-bareng di 1PDN, akhirnya saya menghadapi gowes paling dahsyat yang pernah saya temui, gowes nanjak dua hari dari Bandung (680m dpl) ke Gunung Papandayan (2330 m dpl). Dua hari full gowes dan 60% medan adalah jalan makadam. Ampun2an dah. Makadam gak habis habis. Salah satu anggota tim *maaf* pantatnya sampai lecet. Cerita gowes Papandayan ada disini…

Day #1 https://antoix.wordpress.com/2009/02/03/1pdn-papandayan-day1/
Day #2 https://antoix.wordpress.com/2009/02/06/1pdn-papandayan-day2/

Setelah habis-habisan di Papandayan, saya semakin bisa memahami bahwa ‘The World is Flat !’. Saat kita sudah melewati yang kita pikir paling berat dan nandjak (padahal pasti ada yg lebih berat lagi), kita jadi melihat tanjakan, fly over, gundukan, apapun… jadi FLAT FLAT FLAT… Kita juga lihat bahwa nandjak sama kok dengan kegiatan sepeda yang lain (flat dan turunan), semua bisa dinikmati dan ada keindahannya masing-masing. Rasanya bersepeda jadi lengkap.

Sisi kedua ‘The World is Flat’ setelah gowes Papandayan adalah saya rasakan saat ber-bike-to work dua hari setelahnya. Senin libur imlek hari kedua trip Papandayan, selasa kerja naik mobil, selasa malam sepeda dicuci, rabu itu sepeda kinclong Polygon Cozmic CX 1.0 saya pendekin sadelnya, gowes santai. Santai beneran, kecepatan cuma sekitar 15km/jam, suasana agak mendung jadi teduh. Ampuuuunnnn…. sepanjang jalan aspal menuju ke kantor itu mulussss.. banget!! FLAT FLAT FLAT… Sambil terharu gowes aku sambil elus2 Cozmic karena kemarin sempat dua hari di abuse ke batas kemampuan dia dengan puluhan kilometer jalan nandjak berbatu. Lagi, saya menemukan esensi lain dari THE WORLD IS FLAT !!!

Dan, saya adalah A Proud Bike to Work-er, seorang pekerja bersepeda biasa, yang ternyata menikmati tanjakan…

Tinggalkan Balasan

