enjoy every cadence, every breath…

1PDN Touring: Cileunyi (680m dpl) – Gn. Papandayan (2330m dpl) – Day#1

Judul post ini bukan ‘1PDN Trip’ seperti biasanya saya tulis di blog ini. Ini adalah pertama kalinya saya bersepeda sampai menginap dan jarak jauh. Jadi kita beri judul yang lebih cocok ya…

pict2312papandayangembolan
Sepeda akan berangkat difoto, lengkap dengan ‘gembolan’ yang berat. Isi gembolan? Baju ganti, baju tidur, jaket dingin, jas hujan, sleeping bag, alat P3K, tools, coklat, handuk-sikatgigi-alat mandi.

pict2317cileunyi
pict2338cileunyi
Cileunyi-Ciparay… 16 km FLAT FLAT FLAT… rata. Gak ada gundukan yang menggembirakan samasekali. Tapi kita dihibur oleh kehijauan pemandangan sawah di Bandung Selatan. Kadang sampe gak percaya kalo ini masih di Bandung. Bandung kok sawah…

pict2349ciparay
Mulai hanyut dalam pelukan pegunungan Papandayan… Foto ini diambil saat melewati 1000m dpl. Jalan adalah aspal mulus Ciparay-Pacet.

pict2362strawberry
Makin miring keatas jalannya, akhirnya sampailah di pitstop pertama, Taman Strawberry, sedikit sebelum Pacet. 1135m dpl.

pict2403cisantiber3
Setelah melewati Pacet, sebuah kota kecil, kita disuguhi jalanan yang bercampur aspal rusak. Maklum ini adalah sentra produksi sayuran, banyak truk dan pickup overloaded dengan muatan goyang2 di jalan rusak. Akhirnya sampai juga di “Situ Cisanti”. Namanya cantik sekali, danau kecil ini di-klaim sebagai hulu sungai Citarum. Ada danau dan hutan wisata, banyak orang pacaran dan mancing serta bersemedi. Ada juga yg mandi biar awet muda.

pict2405cisantilunch
Ini adalah makan siang kami… Dimakan sambil kedinginan baju basah di musholla. Terakhir kali bisa kirim report sms ke teman-teman. Habis ini, blank spot plus kadang-kadang dapat sinyal.

pict2410cisantisiaphjn
Setelah makan siap menghadapi hujan yg cukup deras
pict2412cisanti
hujan, mulai berangkat, dingin, basah, oksigen menipis. 1500m dpl.

pict2425kertasarie
pict2434kertasarie
Setelah berhujan-hujan dalam kabut yang cukup muram, kita mulai disuguhi perkebunan teh kertasarie yang keindahannya hanya 20% bisa tertangkap kamera.

pict2445kertasari
Jauh dari mana-mana. In the middle of nowhere.

Di Santosa tim yang semula berjumlah lima orang: Iangara (leader), Anto, Dani Waluya, Agus, Suroto musti merelakan Om Suroto yang memilih belok ke pangalengan kembali ke Bandung karena tidak akan ikut menginap. Ini terjadi di Santosa.

pict2450cibutarua
pict2466cibutarua
Santosa, Sedep, Cibutarua… Menurut saya pemandangannya jauh lebih indah dan lebih alami dari kawasan Puncak, yang jelas udara jauh lebih bersih.

pict2502cileleuy
Sore hari, kabut mulai naik, jalan berbatu makadam tak ada habisnya, kita mendekati Cileleuy, desa terkahir sebelum naik ke Kawah Gn. Papandayan.

pict2526cileleuy1
Siluet Gn Papandayan terlihat dari Kampung Cileleuy…
Meskipun target awal adalah sampai di Pondok Saladah sekitar Maghrib, ternyata kami baru sampai desa terakhir. Kami putuskan untuk menginap di Cileleuy.

Cerita akan berlanjut ke bagian kedua…

5 responses

  1. Ping-balik: 1PDN Touring: Cileunyi - Gn. Papandayan - Day#2 « Harto Basuki

  2. Ping-balik: The World is Flat !! « Harto Basuki

  3. Ping-balik: Papandayan-Arjuna-Cikajang Epic Ride, part 1 « Harto Basuki

  4. atiq

    salut broo..

    Maret 30, 2011 pukul 10:54 am

  5. Ping-balik: Ride#29 – Batukuda, Bandung – Ramadhan Night Ride Uphill | @antoix

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s