enjoy every cadence, every breath…

I Got The Blues

Semalam sebenernya lelah gara-gara ada acara manggul sepeda di pagi hari, wakaka… cerita lebih lanjut ttg ini nanti disini.

Semalam jam 8-9 lebih, gak terasa sejam lebih, entah kenapa kok lagi nyambung banget sama clarinet-ku. Padahal cuma C-Jam Blues doang, dan (ini yang asyik), tanpa iringan, jadi gak pakai play along minus one seperti biasanya.

Kayaknya saya sudah bisa mulai bilang…

I GOT THE BLUES !!!!

Itu tangga nada blues kok lama-lama jadi cenderung otomatis ya. Saya sendiri terheran-heran. Tadinya mulai dari Bb, lalu iseng pindah ke F, G, Eb, lho… kok cukup lancar. Bener2 mengejutkan !!! Makanya aku bilang, ‘got the blues’ itu.

Dalam sebulan mendatang, asal saya tidak malas2an latihan sendiri, pasti jauh lebih lancar deh. Mulai aja udah terasa enak.

blues

Sekarang saya agak mengerti, selama ini setiap kali akan mulai belajar scales, yang terpikir di otak selalu mana nada yang naik mana nada yang turun dari major scale biasa. Itulah kesalahan terbesarnya, kita pikirkan dengan OTAK. Memang mungkin mulainya harus dari otak sih, harus diakui, tapi semestinya kita berusaha memahama ‘ide’ dari scale itu, jadi bukan ‘formula’ dari sebuah scale.

Kalau kita mendapatkan ide, spirit, feel, rasa, bahkan groove-nya otomatis ternyata ada kencenderungan mengalir dengan sendirinya.

Ini pelajaran berharga semalam

One response

  1. Yoki

    aduuh, apaan sih ga ngerti ahhh

    Januari 13, 2009 pukul 12:39 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s