enjoy every cadence, every breath…

XC Cikarang: Jalur “Kambing-nya Gito” dilanjut Jalur “Uka-Uka”

Setelah seminggu dilanda bad mood berkepanjangan dengan so many things to think about (halah!) akhirnya minggu pagi ini kesampaian juga bersepeda pagi yang sangat memuaskan !!!

0430 udah bangun. Aneh banget deh, baru tidur jam 12 kok bisa bangun pagi. Terusterang ini makin sering saya alami kalau ada rencana bersepeda keesokan harinya. Jam 0530 Om Sigit (OS) sudah beneran gedor2 pintu pagar saya seperti beliau ancam-kan dalam sms semalam.

0600 kita sudah menyeberangi kalimalang dan memasuki desa cibatu. Mantap sekali! Suasana pagi, kulit muka dan tangan kita masih diterpa angin menusuk. Memang semalam tidak hujan, jadi tapi tetap saja, saya terkejut dengan sensasi udara dingin cikarang di pagi kemarin… Ck Ck Ck… Saat genjot turunan dari jembatan diatas tol, agak speed tinggi, jalan aspal rusak, saya simpulkan dan tekadkan pada diri sendiri untuk terus melakukan GOLEPAG !!

Karena ‘keder’ dengan lumpurnya, kami tidak melanjutkan ke jalur Uka-Uka yang melewati sawah berlumpur, tapi kami ambil ke kanan, ke arah akses baru tol KM34 dari Lippo Cikarang. Kembali kita disuguhi perbukitan ala telletubbies. Ck ck ck… Cikarang memang jadi indah pagi2 begini. Semula kita akan ambil jalur Gito, tapi melihat sebuah tanjakan tanah ke perkampungan arah kanan, kita naik deh kesana. Menyelinap diantara rumah penduduk, dan nyelip diantara sapi2 yang berangkat ke tempat rumput, sensasinya lain bos!! Nyepeda berlawanan arah dengan gerombolan sapi yang hampir memenuhi jalan. Kita takut, tapi kayaknya sapi lebih takut. Masuklah kita di jalan beton selebar 3m-an yang berliku-liku. Buat saya dan Om Sigit, kami pernah melewati jalan ini di suatu night ride, waktu itu kita beri nama, “Jalur Kambing” karena kambing tidur di jalanan mengisi setengah jalan yang memang sudah sempit di malam hari. Habis itu biasa deh kita sudah sampai di daerah gemalapik. Menikmati tanjakan dan turunan aspal mulus sedikit, kita sampai di pertemuan dengan “Jalur Gito” lagi. Jadi anggap saja GOLEPAG kita kali ini lewat jalur “Kambing-nya Gito”, awas jangan kebalik!!

Kita masuk ke Kampung Sasak Papan >> Pasir Konci >> Kampung Gamlok. Ini perkampungan dengan jalan aspal rusak yang sempit dan berkelok-kelok patah. Jangan tergoda speeding deh, tar bisa ketemu belokan tak terduga.

Setelah menyeberang Kalimalang ke Kampung Poncol, kita baru bisa agak speeding. Wah keren, jalan yang baru diurug dengan kerikil menjadikan ride pagi itu yang mendekati jam 7 pagi menjadi lebih asyik. Di kampung ini kita juga masih menemui banyak pohon bambu yang merindangi jalanan kampung, sesuatu yang ‘mahal’ di Cikarang.

Ride di kampung Pocol ini kita tutup dengan melewati tikungan S saat memasuki pintu tak resmi ke kawasan Jababeka. Mantaaaapppp… benar2 menguji keberanian dan keseimbangan dalam handling sepeda kita!! Saya dan Om Sigit sampai harus naik lagi, untuk menikmatinya sebagai tanjakan, lalu turun lagi, untuk menikmatinya sebagai turunan batu yang mengasyikan. Benar2 keindahan yang tak jauh dari rumah !!

Ride GOLEPAG pagi ini ditutup dengan melewati singletrack di pinggir sungai. Wuih!! Basah, berlumpur dan penuh tanah!!

Jam 7 kurang, sudah nongkrong di Paladeo. Makan pecel madiun. Om Awi nanyain, wah ban udah kotor, udah kemana aja nih? Kami jawab, “Sepedahan di singletrack sebelah sungai…” hehehe… Emang iya kan? Itu adalah part penutup kemarin.

Lalu bersama kita sepedahan sampai ke AA Bike Tegaldanas dan pulang lewat jalur Uka-Uka yang berlumpur, berumput tinggi dan sudah jadi sawah…. Wakakaka… akhirnya berlumpur ria juga!!

AYOOOOOO… GOLEPAAAAAGGGG….

One response

  1. GOLEPAG artinya apa ya?

    Desember 28, 2008 pukul 10:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s