enjoy every cadence, every breath…

XC Purwakarta; Icip trek Jatiluhur

Hari minggu kemarin bersama Jababeka Cycling Community saya ikut nyobain trek Jatiluhur, Purwakarta. Kita naik mobil dan unloading di rumah Om Dani di deket pintu tol Sadang, lalu genjot ke arah Situ Buleud, tempat ngumpul pesepeda Purwakarta. Kemudian masih onroad dalam kota kita diajak masuk ke pegunungan di selatan Purwakarta… Berikut cerita singkatnya.

Trek setelah jembatan keluar kota purwakarta ke arah Bandung, kita menuju Ciganea, mulai deh diuji dengan tanjakan, teruuusss masuk ke perkampungan dan jalan terus menanjak, aspal halus, lalu disabung aspal rusak. Setelah melewati jembatan diatas tol Cipularang kita ketemu stasiun kecil dan rel kereta. Trek masih sebagian besar menanjak dengan kadang rolling turun sedikit bonus.

Rekan-rekan Cikarang jelas kepayahan. Menghadapi trek berbukit-bukit bukan hal baru, namun bukit di daerah purwakarta ini jauh lebih tinggi dan curam, karakter sedikit mirip bukit2 di Gunung Putri mungkin sebagai perbandingan.

Akhirnya setelah tanjakan demi tanjakan dilewati kita mendapat suguhan trek mendatar tanah lalu disusul turunan. Sekilas waktu memulai turunan ini seperti biasa saja, karena psikologis habis melewati tanjakan, kita agak speeding di turunan, yang cukup berakibat fatal, karena turunannya, seperti tanjakannya, sangat panjang. Saat kita rem untuk membatasi kecepatan, kita diuji keseimbangan karena ban belakang segera slip kekiri-kanan diatas medan aspal rusak penuh batu kerikil lepas. Ngeri kalo inget. Kemudian saat istirahat, diceritakan oleh rekan Purwakarta bahwa ada yg kejadian pesepeda terbang dan mendarat di atas rumah di turunan ini.

spict1861jembatan

Melewati jembatan bambu di sebelah jembatan permanen yang sedang dibangun, kita masuk ke tanjakan lagi, lalu rolling sampai ke sebuah warung tempat istirahat. Pas di perbatasan antara kampung penduduk dan lingkungan waduk Jatiluhur.

spict1865bendung

Setelah melewati lingkungan waduk Jatiluhur, trek campuran antara aspal mulus, sedikit singletrek, dan jalan makadam. Dominasi terbesar adalah tanjakan dan turunan rolling aspal mulus. Jalan Makadam nanjak dan turun sangat menguji skill offroad uphill kita. Jalan makadam uphill mengingatkan saya dengan trek Sukamantri. Sementara tanjakan dan turunan aspal mulus sangat menguji kesabaran dan endurance kita. Hiburan di area waduk Jatiluhur adalah pemandangan eksotisme danau buatan yang sangat luas dengan lingkungan sekitarnya yang khas: petani ikan, keramba apung, pariwisata air.

sp1010205_iwo

spict1877kyaicozmic

Trek diakhiri dengan tanjakan panjang aspal mulus menuju jalan masuk ke kawasan Jatiluhur dari arah jalan Purwakarta-Bandung.

spict1881tanjakanterakhir

Karakter trek: uphill-downhill rolling, 60% aspal mulus, 20% aspal rusak, 20% offroad
Jarak: 35.5 km
Tingkat kesulitan teknik: 6/10
Pemandangan Alam: 7.5/10
Endurance: 8/10
Uphill challenge: 8/10
Downhill chalenge: 6.5/10
Karakter tanah: lumpur mudah lepas (tidak menempel)

Contact: Dani Waluya, Purwakarta (Mattel-Cikarang)

6 responses

  1. Dani Waluya

    okeh banget ulasannya, ditunggu info gowesnya lagi ….salam nanjak, d4ni

    Desember 12, 2008 pukul 9:34 am

  2. wah kalo mau nyobain treknya gimana nih om Anto?

    Desember 28, 2008 pukul 10:12 am

  3. kayaknya enak nih dicoba!

    September 29, 2010 pukul 9:57 am

  4. SUKARDI/GOAK

    Bendungan Jatiluhur bendungan tertua dibangun sejak era,Soekarno merupakan bendungan yang indah dengan area resik dan nyaman untuk bersantai, waktu SD dulu saya pernah ke sana dan sekarang kalau ada waktu Insyaallah akan kembali. Sebaliknya bendungan Saguling gersang tak layak untuk dikunjungi. kapok

    November 17, 2010 pukul 2:43 pm

  5. Herizal Alwi

    Nice job and lovely view

    Desember 13, 2011 pukul 2:34 pm

  6. Kapan Sulawesi tenggara punya bendungangan seperti dearah yg lain, guna untuk kesejahteraan masyarakat sultra

    November 13, 2012 pukul 10:54 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s