enjoy every cadence, every breath…

Mimpi jadi Soloist

Nah kan..
Bener juga kata istriku, kalo lagi seneng sama suatu hal, ituuuu terus yang dibahas. Beberapa minggu terakhir nulis tentang sepeda terus, ini nulis tentang musik deh.

Sudah beberapa kali, pas malam-malam dan tidak sedang jadwal-nya diskusi, saya latihan sendiri main clarinet. Idealnya yang harus saya lakukan adalah latihan:
– scales
– speed/fingering
– high register
tapi kenyataan yang sering saya lakukan adalah nyanyi2 saja sendiri, solo tanpa iringan. Kalo pas malem2 dan sunyi2, pas tivi sudah mati karena tak ada acara menarik, main solo begini sangat asyik. Entah kenapa saya merasa dapat tantangan gede banget buat bisa menghidupkan sebuah permainan solo, tanpa pengiring, tapi bisa nge-groove.

clar

Susah ngebayanginnya ya?
Mesti dengar contoh dari ahlinya sih. Misal waktu Bob Mintzer main solo bass-clarinet di show-nya Jaco Pastorious. Juga solo-nya Joshua Redman main ‘St. Thomas’ di Live at Village Vanguard. Atau solo-nya Joe Henderson main lagu ‘Modinha’ di album tribut untuk Jobim.

Menurut saya solo2 mereka itu berhasil memunculkan potensi ritmik dari alat reeds. Menurut saya, ini salah satu kelebihan alat reeds yang sound yang dihasilkan bisa sangat kaya warna. Dan yang penting kelincahan nadanya itu bisa membuat soloist memainkan tema lagu juga sekaligus ritmik pengiring-nya. Lagu jadi ‘hidup’ walaupun yang bermain adalah hanya satu alat musik tiup saja.

ngamen wijaya

Pengalaman saya ‘ngamen’ di tempat umum seperti ngamen di Pasar Seni ITB, ngamen di Festival Jl. Widjaya, dan ngamen di Festival Kemang membuktikan kalau kita sebagai pemain alat tiup perlu bisa memainkan tipe penampilan seperti ini. Sayangnya tipe penampilan seperti ini akan sangat membosankan kalau ditampilkan misalnya 8 lagu berurutan saat di panggung. Tapi penampilan seperti ini bisa menjadi sangat menyegarkan saat dimainkan diatara penampilan combo atau bigband.

Ini lagu yang saya sedang pelajari di ‘solo’ playing:
1) Over The Rainbow
2) Tak Bisakah (peterpan)
3) Misty

moga2 nambah terus, minimal kalo ada 8 lagu sudah bisa ada solo performance hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s