enjoy every cadence, every breath…

Tiga Hari Bersepeda di Jogja

Selama mudik ada kejadian2 berkaitan dengan sepedahan nih…

Hari kedua lebaran, sedang macet antri di karanganyar jalur lingkar selatan sekitar gombong, ditelepon Om Iwo, rupanya si Om yang menyetir dari arah sebaliknya, melihat itu Si Cozmic Biru nongkrong di hidung panther pas di tanjakan. Hehehe… jauh2 ke jawa tengah ketemunya teman sepedahan cikarang juga!!

Hari ketiga lebaran, genjot dari wilayah panembahan (dekat Widjilan) ke alun2 cuma 2 km, menikmati tanjakan kewek, digenjot kenceng, sampai bundaran UGM cuma 7 km. Halah, ini kota kecil banget ya, kemana-mana dekat. Masak ke UGM cuma setaraf dari rumah ke kantor di Cikarang!!

Hari keempat lebaran, niat cuma genjot putar2 kota, tapi pada kenyataannya full gear (bawa jas ujan, pake bike pants, pake tas sepedah, bawa pocari dua botol) akhirnya malah nanjak ke Kaliurang. 2 jam, 30km sampai Telogo Putri. Karakter tanjakannya sih tidak langsung ‘manjat’ seperti di Gadog-Rindu Alam, tapi panjang, agak bergaya touring, dan tingkat kemiringan jalan sedikit demi sedikit naik, sampai ekstrim mendekati Telogo Putri. Berat karena jauh dan benar-benar ujian kesabaran karena jalan tanjakannya banyak yang lurus.

Hari kelima lebaran, idem hari keempat, mau ke warung ijo saja yang di pakem, satu jam genjot dari teteg stasiun tugu sudah sampai pakem. Makan jadah, minum teh panas, udara sejuk, suasana lebaran, ada 100-120an sepeda parkir bergantian di pusat pertemuan pesepeda jogja ini. Turunnya lewat offroad, ini yang lama, hampir 2 jam lebih. Lewat perkampungan, persawahan, kebon, pinggir sungai, singletrack 10%, 90% adalah jalanan pedesaan. Unjung2nya nembus ke Perumahan Minomartani. Wakakakaka… bener2 nostalgia sepedahan di jaman dulu masih kecil SD-SMP nih, cuma kali ini sepedahnya aja yang beda.

Kesimpulan? di jogja tiap hari sepedahan !!!

Saya mau nulis terpisah nanti cerita uphill ke Kaliurang dan cerita Offroah Uphill ke Warung Ijo ditambah XC dari warung Ijo Jogja-nya. Tar yah…

2 responses

  1. Ping-balik: Rasanya nanjak lereng Gn Merapi « Harto Basuki

  2. hnd

    we e e..ada piyayi jog-jakarta ..hehe.salam kenal mas, kpn ke jogja lagi mas har, nyobain jalur fun xc “krasak-progo” lumayan oprut mas.mtr nuwun

    Desember 1, 2008 pukul 12:04 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s