enjoy every cadence, every breath…

Keras dan Menuntut

Belakangan ini saya mendapati situasi komunikasi yang menarik sekali untuk dicermati. Jadi dalam pengalaman kami sekolah, di swasta, magister, bayar mahal. Ada gejala berbeda yang saya amati muncul. Beda banget dengan pengalaman saya kuliah di S1 sebuah PT di Bandung dulu.

Di Bandung, S1, we are nobody and want to become somebody, kami siap, bahkan untuk diperlakukan seperti apapun kata dosen. Dosen adalah raja dan dosen tidak pernah salah. Dosen selalu jauh lebih pintar, dan pada kenyataannya memang dosen-dosen kami memang dipilih dari siswa-siswa terbaik, jadi memang kepintaran dan intelektualnya tak terbantah lah. Dosen berhak mengajar dengan metoda yang dia yakini benar, dosen berhak membuat peraturan cara mahasiswa berkomunikasi dengan dia. Pokoke dosen diatas angin dah… He/She always right, sometime harsh, and always (well generally) do it in the smart way…

Tapi itu adalah 18 tahun lalu, saat kami mahasiswa-mahasiswa dibayari pendidikannya dengan uang rakyat. Bayangkan waktu itu bayar satu semester 60ribu rupiah !!!

DI jakarta, S2, Magister Manajemen, Case Study Method, we are ‘somebody’ and want to become ‘superbody’ (hehe… istilahnya ngaco, campuran superman dan somebody), dan kami membayar mahal, sangat mahal, dengan suasana kelas yang sangat menuntut dosen/facilitator memenuhi kriteria komunikasi, kriteria keahlian, kriteria kemantapan emosional yang ada setting di kepala para siswa-nya. Benar-benar berbeda!!

Saat ada facilitator yang berperilaku high demanding, harsh, straight to the point, namun ternyata dibekali dengan skill komunikasi yang pas pas an. Hancur dah semua… Dalam hati terdalam aku mengakui bahwa facilitator ini sebenarnya pintar. Jauh lebih pintar dalam subject itu dibanding seluruh kelas, namun dia telah kehilangan kredibilitasnya.

Memang susah menjadi judge sekaligus pelayan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s