enjoy every cadence, every breath…

Credibility, do you care ?

Credibility baru saya pelajari lebih dalam saat mendapatkan teorinya, katannya ada (1) Initial Credibility dan (2) Acquired Credibility.

Initial Credibility adalah kredibilitas yang kita dapatkan tanpa berbuat apapun, by default, suatu kondisi akan memberikan kita tingkat kredibilitas tertentu. Kondisi ini yang kadangkala kompleks, keadaan dan setting suasana akan menentukan kredibilitas yang instan kita dapat ini. Nothing we can do about it, kecuali, seperti kata S. Covey, jika kita memiliki “Tabungan kepercayaan” pada orang lain.

Acquired Credibility berbeda lagi, dimana bukan seperti initial yang secara ‘default’ kita peroleh, maka acquired credibility adalah bergantung pada apa yang kita lakukan pada ‘initial credibility’ kita. Bergantung pada apa yang kita lakukan pada situasi yang kita hadapi. What we do does matter… Bisa saja initial credibility dan acquired credibility sangat bertolak belakang, ilmu tentang acquired credibility ini lebih penting rasanya. Hal ini karena berkaitan dengan cara kita bersikap untuk mendapatkan kredibilitas.

cred

Sayang banget banyak pemimpin saya amati (minimal di lingkungan yg saya amati) lebih suka memandang kredibilitas sebagai ‘harga yang harus dibayar oleh pemimpin’. Seolah anekdot bahwa pemimpin adalah seseorang yang harus rela dan tega melakukan keputusan tidak populer sangat mempengaruhi pola pengambilan keputusan dan pola komunikasi seorang pemimpin. Secara tidak sadar mereka mempertaruhkan, bahkan mengorbankan kredibilitas mereka.

Menurut saya itu harga yang sangat mahal untuk dibayar…

One response

  1. Ping-balik: Kredibelkah saya? « Harto Basuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s