enjoy every cadence, every breath…

Mt. Kiara, you’ve got my respect !!

Dengan segala liku, termasuk ditanya customs di KLIA pas melenggang dengan bawaan sangat besar (sepeda Kanjeng Kyai Cozmic dalam tas) di trolley…

CUSTOM C: “You have nothing to claim? Going through the green line?”
SAYA S: “No Sir” (dg suara sedikit bergetar)
C: “What you’ve bring on your luggage” (kebayang gak? sepeda gunung di-packing..? guede banget!)
S: “It’s a bike, mountain bike”
C: “AAhh… bicycle, is it using automatic transmission”
S: (halah, mana ada sepeda pake automatic ada2 aja nih si Bapak, tapi rasa PD mulai muncul) “No, just a regular mountain bike. I will have one day transit and biking around KL”

Si Pak Custom lihat ke tiket saya, termasuk jadwal penerbangan berikutnya yg hanya besok hari…
Released!!

Haahhhh… legaaa….

Dengan kebaikan hati keluarga Frieza-Aca-Radit-Endra akhirnya keesokan paginya saya sudah ada di mobil avanza Om Tony, seorang pesepeda gunung KL asal Indonesia. Kita mampir dulu ke pom bensin petronas… Buat isi angin ban sepeda tanpa beli seliter bensin pun haha… Tapi emang gak liat tukang tambal ban sih.

Tak lama kemudian, saya sudah nervously setting my v-brake di sebuah trotoar di kaki Mt. Kiara. Om Tony ngobrol dengan temannya pesepeda Bule. Track ini unik sekali, dimulai dengan gowes di aspal mulus yang sangat perkotaan lalu tiba2 naik ke trotoar, lalu semenit kemudian sudah ada di hutan!!

Saat di mobil Om Tony sempat membuat saya ‘kecewa’ dengan pemilihan tempat Mt. Kiara yang ada di tengah kota Kuala Lumpur. Bayangan saya, wah.. kok track di tengah kota (di kepala segera tergambar JJ dan JPG) tapi kemudian Om Tony jelas memberi pengalaman berharga buat saya selama jam 08-11 lalu dilanjut 12-14 bersepeda di Mt. Kiara…

Saya jadi mengerti mengapa Om Tony menyebut Mt. Kiara adalah “Mountainbike Mecca”-nya Kuala Lumpur bikers.. Sebuah gunung, dengan belasan tracks dan trails (apa sih bedanya?) sebagian besar 90% adalah singletracks, dalam hutan yang lebat (hutan lindung yang hidup beneran). Track-nya meskipun sebagian besar adalah medan cross country yang berpadu antara uphill dan downhill, tapi karena dalam hutan dengan akar yang lebat, maka kita juga mendapat perkenalan dengan medan yang berkarakter all mountain. Inilah yang dijejaki Kanjeng Kyai Cozmic selama 3 + 2 jam.

1 2 3 4 10 5 5 6 7 8 11

MANTAAAAPPPPP….
Saya memang pesepeda pemula, tapi saya belum pernah ketemu track atau gabungan track yang sangat technical dan intens seperti Mt. Kiara. Track-nya meskipun alami tapi seperti track lomba yang sangat menguji skill handling bersepeda sekaligus endurance serta power yang kita miliki.
Di jam 2 siang, saat keluar dari track “Kampoeng” dan kemudian uphill di jalan raya, saya sudah gemetaran. Campuran antara lelah dan kelaparan… Sampai dua hari badan patah2 rasanya… Lagi deh punya pengalaman baru setelah close to the edge saat nandjak bogor-gadog-tamansafari-gunung mas-dobel n*-gadong-bogor.

Mt. Kiara
Surely You’ve got my RESPECT !!!

Kalau ada kesempatan transit lagi saya akan kunjungi lagi Mt. Kiara dengan mental yang lebih siap…
(foto2 nyusul ya… ntar diselipin)

Pengen tahu Mt. Kiara lebih jauh?? coba cek keyword “Kiara+KLMBH+Kuala+Lumpur” di Google. Atau kunjungi blogspotnya disini… dan ternyata ada tentang “Bukit Kiara” di wikipedia!!

For avid hikers and bikers within the confines of Kuala Lumpur and Selangor, Bukit Kiara’s routes and technical trails are just about the best in the area. The trail roads stretch to a lengthy 15 kilomethres but these trails are distressfully diminishing by the minute.

4 responses

  1. Yadi

    Jadi kepengen bawa WIL ke KL euy…., liat photo & ceritanya keren abis Om, apalagi pas di dalem hutan karen, kayaknya asik, jalannya sedikit licin, ada batu, akar….wah pokoknya komplit bener.

    Kalau di JABAR, trek kaya MT Kiara di mana ya Om? Apa Rindu Alam? Apa Sukamantri? Lembang? Dago?

    Juni 18, 2008 pukul 1:41 pm

  2. Ping-balik: Perjalanan ke Negeri Bawang « Harto Basuki

  3. Beberapa site menarik saya temukan kemudian menyangkut Bukit Kiara/ Mt. Kiara ini

    Tentang trails-nya..
    http://www.bikehash.freeservers.com/kiara.html

    Tentang petanya
    http://www.bikehash.freeservers.com/kiaramap.html

    Memang menggiurkan. Salut deh dengan usaha rekan2 bikers di KL me-maintain track2 disitu.. Gotong royong lho

    Juni 20, 2008 pukul 10:18 am

  4. trugiaz

    ah sayang sekali pas saya kuliah dulu belum tertarik dengan mountain bike… k’lo tau ada track ky gini di KL pasti akan saya jabanin tiap ada waktu luang.

    ah sudahlah sesal kemudian ga ada guna.. mungkin tar saya akan kembali ke Malaysia k’lo ada kesempatan hehehe makasi ya tapi infonya mas antoix

    Januari 13, 2009 pukul 11:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s