enjoy every cadence, every breath…

spread your wings

Spread your wings… Terjemahan bebasnya: kembangkanlah sayapmu…

Minggu lalu saya akhirnya bisa juga mengunjungi toko buku “aksara” yg di CiTOs. Sudah empat minggu berturut ke CiTOs terus tapi baru kemarin itu bisa menengok salah satu toko fovorit ini. Berakhir dengan membeli 2 cd audio, yang satu dengan tema “Hak Asasi Manusia”, sebuah kompilasi lagu dan narasi/pidato dengan tema HAM. Cd yg lain adalah kompilasi band2 indie. Mayan daripada tebak2 buah mangga pilih satu band mending ambil kompilasinya toh?

Yang paling menarik adalah CD kedua dari yg saya sebut diatas, isi musiknya secara umum ‘oldies’ banget. Mungkin saya yg ‘kuper’ gak monitor kalau ada juga trend musik perpaduan antara musik psikedelik ala Pink Floyd, pop ala Koes Plus, rock ala Rolling Stones. Meski mungkin ada sedikit sisa pengaruh era Metal-Speed-Power tapi terasa benar saya ‘mengerti’ bahwa Metal apalagi ‘progressive-metal’ jadi terasa terdengar ‘kuno’ (sorryy… Metalheads…)

Saya coba kaitkan dengan keroncong… Bbrp jam lalu saya menonton acara mingguan ‘Gebyar Keroncong’ melalui TVRI. Wah… Musik keroncong itu letak kenikmatan mendengarkannya memang di pelan-nya, slow, teduh, lambat, bahkan cara menyanyi-nya pun harus ‘behind tempi’ (aduh, nulis apa sih saya? Moga aja benar).

Kadang perilaku para penggiat seni tidaklah berbeda jauh dengan seni yang diciptakan dan digelutinya. Kita kenal Axl Roses sebagai ‘notorious’ alias begundalan tak teratur: itu cocok dengan musik Guns n Roses yg penuh kejutan. Kita kenal juga Wynton Marsalis sebagai trumpetist jazz yang lembut.

Keroncong dan para pelaku musiknya… Akankah mereka bergerak lambat, pelan, tertinggal di saat segala hal di dunia kini bergerak jauh lebih cepat dan berubah jauh lebih ekstrim dari yang manusia pernah bayangkan?

Oldies tidak selalu berarti kuno, seperti musik masa lalu, oldies punya peluang menjadi klasik, bahkan menjadi trend baru.

Note: mas Adi, jangan dipaksakan dimuat yaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s