enjoy every cadence, every breath…

J3 (Jalur Jacyco Jababeka) – bag 1 : Sekitar Kota Deltamas

Sudah sering ikut nightride dengan rekan-rekan Jacyco (Jababeka Cycling Community) Cikarang, namun baru kali ini saya ikut acara gowes rutin mereka di Minggu pagi.

paladio
https://antoix.files.wordpress.com/2008/01/pict8508_0801palladio.jpg

Setelah meninggalkan Kompleks Cikarang Baru, menyusuri kali malang, menyeberang di Tegal Danas, akhirnya menuju Kota Deltamas, sebuah kompleks yang juga tempat pemerintahan ibukota Kabupaten Bekasi. Setelah melewati kompleks kabupaten yg masih panas karena jarang pohon, Oom Asol, yang dikenal sebagai ‘kuncen Deltamas’ menjadi road captain kita kali ini.

https://antoix.files.wordpress.com/2008/01/pict8523_0822delta.jpg

Kita segera dibawa masuk jalanan suatu kampung yang lumayan isinya singletrack jalan orang/motor. Uji keseimbangan tahap pertama diakhiri dengan tanjakan masuk ke jalan beton.

Gak sampai 100 meter jalan beton onroad kita masuk ke jalan kampung lagi, kali ini agak lebar, muat mobil lah. Segera kita disuguhi pemandangan perbukitan cikarang selatan. Uindah rek, apalagi musim hujan gini, saat semua tanaman hijau. Kata teman2 ini daerah tadah hujan, kalau kemarau gersang.

https://antoix.files.wordpress.com/2008/01/pict8544_0846bukit.jpg

Karena medan berbukit2 segera kita disuguhi turunan panjang banget, ada 1km mungkin, di bawah canopy pohon bambu. Ampuuunnn… Adrenalin terpacu untuk menahan tidak nge-rem. Kita maksimalkan kecepatan sambil waspada menebak-nebak tikungan berikutnya dibalik rumpun bambu tuh seperti apa?

https://antoix.files.wordpress.com/2008/01/pict8551_0853bukit.jpg

Track canopy bambu berakhir dengan masuk ke singletrack pematang sawah, yang berlumpur. Diujilah kemampuan rekan mengendalikan sepeda, menjaga keseimbangan, menjaga power kayuhan, sambil mengatasi kubangan lumpur. Di track ini kita ketemu dua jembatan bambu, salah satunya disambut tanjakan parah.

Sampailah di perhentian pertama, sebuah warung di tengah sawah. Warung sederhana yg sepi itu tiba2 ramai dengan permintaan2 aneh yg tidak bisa dipenuhi, “ada pocari sweat?” ” Ada xokelat silver queen?” Haha… Ini jauh dari peradaban mannn… Yang pasti ada: rokok!

Lanjut deh jalan pedesaan membelah sawah, ladang dan kampung yg berbukit-bukit. Sampai di suatu titik kita belok kekiri seperti mau masuk ke kali. Benar saja kita disambut turunan tajam lalu jembatan sempit diatas selokan/kali kecil saat kecepatan menurun sedang memuncak. Sekitarnya adalah pepohonan bambu yang teduh, tapi juga menutup jalan. Menghalangi pandangan kita sambil memberi kejutan yang menyenangkan.

https://antoix.files.wordpress.com/2008/01/pict8581_0931turunan.jpg

Kita disambut dengan tanjakan kejam yang tiada henti, di tengah perkampungan dan kebun dengan singletrack yang berkelok-kelok nanjak teruuuussss… Ditutup dengan lintasan panjang yang lurus nanjak terus. Sekitar 1,5 km nanjak berkelok-kelok. Beberapa rekan mengambil langkah bijaksana: TTB.

Sampailah kita di pemberhentian berikutnya, warung pinggir jalan beton. Inilah warung “kakek dan cucu” gara2 salah satu member bertampang oldies bersepeda di sebelah member termuda kita, Rico yg baru berusia 11 tahun.

https://antoix.files.wordpress.com/2008/01/pict8590_0946kakek.jpg

Terengah-engah puas dan lelah. Sepeda dengan V-Brake saya mulai mengumpulkan lumpur…

bersambung ke bagian kedua…

6 responses

  1. Ping-balik: J3 (Jalur Jacyco Jababeka) - bag 2 : Onroad dan Nyeberang Getek « Harto Basuki

  2. prass

    Mas, saya tinggal di cikarang baru nih, baru mo mulai bersepeda,
    ada referensi beli tmpat sepeda yg bagus gak mas di cikarang ??
    salam gowes2 mas..

    Januari 23, 2008 pukul 9:35 am

  3. Koko

    mas, saya tinggal di lemahabang klu mau gabung bagm caranya?

    Oktober 21, 2008 pukul 11:15 am

  4. Jababeka Cycling Community ada di http://jacyco.multiply.com
    Kami kegiatan rutin mingguan adalah bersepeda seputaran Cikarang, dilakukan hari Minggu pagi, berangkat jam 0530-an dari seputaran Yoko Bento Ruko Anggrek Cikarang Baru.

    Oktober 22, 2008 pukul 3:57 pm

  5. HOERUDIN

    SA LUUUT AMA JACYCO SEMOGA SAYA BISA IKUT GABUNG LAGI …..SALAMMM GOES BUAT SEMUA..

    Oktober 26, 2009 pukul 9:46 pm

  6. christiawan

    Salam kenal buat JACYCO. mau ikutan gabung nih om, keliatannya treknya asik, cuma sy jauh tinggalnya di rw mangun jkt.

    Januari 15, 2010 pukul 4:29 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s