enjoy every cadence, every breath…

XC Jalur Pepaya: Karawang Barat – Tegal Danas

(Cerita ini berdasar dari post saya di list email rekan2 penggemar sepeda Cikarang)

Jadi rekan2 kemarin hr Sabtu (031107) pagi saya jadi juga mencicipi jalur pepaya-nya Oom Wisnu. Oom Wisnu adalah rekan yang secara rutin menjalani rute ini untuk bike to work; beliau tinggal di Cikarang Baru dan bekerja di pabrik Toyota di KIIC. Maaf gak ajak2 krn memutuskannya berdasar mood sabtu pagi tiba2 saja, pagi-pagi lgs sms Oom Wisnu. Ini sekalian pelampiasan gara2 dapat kabar ternyata tiba2 tgl 11 jgn2 gak bisa ikut nguler rombongan Bike to Work Goes to Bali.

cikbar
(foto sebelum berangkat dari Cikarang Baru)

Berangkatnya sih nyaman, memang banyak wanita ramah berangakat mandi, tapi rupanya mrk udah kenal ama OomWisnu jadi kami gak diapa-apain. Krn jalanan becek semalem hujan, kami jalan santai bgt. Perjalanan Cikarang Baru – KIIC yg biasa ditempuh Oom Wisnu dlm sejam, kemarin kita 1,5 jam. Makasih OomWisnu udah sabar pelan2 nemani nubie. Berangkat tidak sempat ambil2 foto kecuali foto diatas, maklum kan jarang berhenti, kita jalan udah pelan, nanti yang mau kerja telat deh. Saking pelannya kita jalan sampai bisa ngobrol dengan enak.

Pulangnya? Ini ujian sebenernya. Walaupun mendung tapi udara panas banget. Dan sepanjang 22km saya sempat 2x ganti ban dalam!!

sedana
(awal perjalanan dari KIIC Karawang Barat)

Jadi ban belakang saya itu mmg sudah penyakitan, sudah 3x tambal dlm 1mg terakhir. Saya sdh siap ban dalam dlm backpack. Masih di jalan aspal, itu ban blk udah kempes, sy lgs putuskan ganti band dalam aja. Apalagi nemu bengkel sepeda, jd dia jual ban dalam. Adanya mrk DELI 9rb. Ya sud. Kok ya pas banget kempes berenti pas dpn bengkel sepeda. Tapi masangnya gak bener. Di Loji saya lihat posisi pentilnya di ban miring banget. Mampir tmp kompresor, buka ban lagi, dibenerin posisinya. Genjot lagi.

jembcitarum
(jembatan besar citarum, ini sebenarnya jembatan yang menyeberangkan kalimalang ke arah barat diatas sungai citarum, dibawah jembatan ini ada pipa2 besar berisi air kali)

Abis jembatan besar kempes lagi. Ttb ketemu kompresor lg, trus bongkar tadinya saya minta tambal. Tapi ternyata di pangkal pentil sobek besar sekali. Ketemu jg kondisi ban luar ternyata yg blk udah peyang. Ini ban luar baru kali ini dipake offroad sjk dipasang. Posisi ban luar pindah, ban dalam yg ada di backpack akhirnya dipake jg (ganti ban dlm yg kedua).

kempes
(ban kempes untuk ketiga kalinya)

sobek
(ban dalam sobek)

bubur
(jalan berlumpur seperti bubur)

Trus jalan agak ngebut main cipratan lumpur. Pas masuk jalan beton tegaldanas ada bpk2 bike forwork bawa barang pake sepeda. Pas masuk jalan halus dia sambil ngomong “alhamdulillah…” Cukup kenceng untuk saya denger hehe… Kalau dulu Iwan Fals punya lagu “Ujung Aspal Pondok Gede” ini juga kayaknya ungkapan yang pas, ujung aspal Tegal Danas.

ujungaspal
(ujung aspal)

Hebat OomWisnu!!
Bwt saya jalur ini udah xc ckp berat, bwt Oom Wisnu cuma bwt b2w!!

Sayangnya saya tidak banyak mendapat runtuhan pepaya, ini yg membuat saya penasaran pengen nyobain lagi, wakakaka…

(peta ada sih, scan menyusul ya..)

7 responses

  1. i am not able to understand that . plz able to translate me this !

    November 8, 2007 pukul 1:03 am

  2. @property in france
    Sorry, this site using Bahasa Indonesia.
    Enough reason for me I think, to begin a new blog in English?

    November 11, 2007 pukul 4:55 am

  3. Wisnu CS

    Waduh, gak nyangka perjalanan perdananya om Anto dimasukan kedunia maya .. saya sebagai guide merasa tersanjung …
    Sorry juga baru baca, kemarin2 rada error internetnya …
    Btw, kalau ada yg mau coba lagi, silahkan kontak saya … ;))

    goesneverending
    -win-

    Januari 11, 2008 pukul 8:50 am

  4. Mas Anto tinggal di mana? Kpn2 Kalo jalan lagi ajak2 aku… he..he..
    ntar kalo mau jalan emai aku ya.. or hub. aku di 085283076547. kpn2 mampir dong ke Cikampek, kebetulan aku tinggal di Cikampek. Oke!!

    April 8, 2008 pukul 7:04 pm

  5. Mas Anto tinggal di mana? Kpn2 Kalo jalan lagi ajak2 aku… he..he..
    ntar kalo mau jalan email aku ya.. or hub. aku di dampal_krw@yahoo.co.id or hp : 085283076547. kpn2 mampir dong ke Cikampek, kebetulan aku tinggal di Cikampek. Oke!!

    April 8, 2008 pukul 7:07 pm

  6. Didi

    Kalo kami sebaliknya om…dari Karawang ke MM2100…Kalo sekiranya jalan jelek bisa lewat jalan kampung seberang Kalimalang, kalo dari Karawang selepas jembatan besar Citarum (Bendung Cibeeut)ambil kiri menyeberang jembatan kecil.

    http://filsaiko.wordpress.com

    Januari 16, 2010 pukul 11:56 am

  7. Anonim

    kring…kring….

    kita dari karawang kebetulan senang gowes juga kalau mau lebih jelas nya lihat di
    http://kring-gowes.blogspot.com/2010/09/gowes-karawang-tangkuban-parahu-bandung.html
    dan kita juga ada rencan tgl 23-24 maret 2012 gowes ke karawang – rindu alam ( puncak bogor)

    Maret 1, 2012 pukul 1:53 pm

Tinggalkan Balasan

