enjoy every cadence, every breath…

Cross Country Cikarang-Setu-Narogong-Cikarang (bag1)

Setelah nyenggol di email antar pesepeda cikarang, akhirnya dapat info kalau sabtu 201007 akan ada sepeda santai (yg terbukti kemudian samasekali tidak santai) ke Toko Along di Narogong. Wah, pas banget. Sejak sebelum lebaran mendengar kabar ttg toko sepeda lengkap yang paling dekat dengan cikarang ini (that’s means 20km my dear..), sudah pengen menengok macam apa tokonya, seperti apa koleksi parts dan frame-nya.

Kumpul jam 6 pagi (gila, pagi bener ya?) ternyata rombongan hanya ber-empat. Beruntungnya saya yg rookie, blom pernah bersepeda grup cross country begini, dapat kesempatan langka gowes bareng para seniors… Ada Gazelle ‘Pak Ketu’ (pake Eastrack), ASup (S-Works), Iwo (KHS), dan saya sendiri, si penunggang Wim Cycle RoadChamp. Bekel lumayan, meskipun pagi tadi persiapan tergesa, backpack isi air dingin+jus jeruk (1 lt), air di botol 750mL, toolset, kamera, hp, dompet, kompas. Tapi peta dan jas hujan ketinggalan.

Bersepeda dimulai dengan range kecepatan 28-24 km/j. Wah, lumayan hosh hosh juga. Untungnya selama puasa saya tetap bike to work, jadi sebagai rookie gak malu-malu-in amat lah. Jalur yang diambil masuk kawasan Jababeka1, keluar ke kalimalang lewat sebelah Cikarang Listrindo, lalu menyusuri kalimalang (ternyata kekhawatiran arus balik bermotor menyemut di kalimalang gak terbukti), gerbangtol cibitung, lalu belok kekiri nyeberang kali menuju Setu.

Saya sudah sering denger ttg jalan menuju Setu yang katanya bisa nembus sampe ke Cileungsi dan Bogor ini, tapi baru kali ini merasakannya sendiri. Surprise-surprise, ternyata jalannya gede juga, rame juga, angkot lewat, ada pusdiklat perhubungan darat, ada pabrik-pabrik juga. Sementara udara mulai panas meskipun baru skitar jam 7 pagi. Udara juga tercium sesuatu yang dibakar, mungkin ini memang sudah daerah yang terpengaruh oleh TPA Bantargebang? Sempet istirahat skitar jam 7, tepat setelah sejam genjot. Distance menunjuk 17km. Menikmati kudapan oleh2 dari kampung Pak Ketu. Akhirnya tak lama kemudian sampailah di pasar, lalu disambut dg pertigaan Setu. Penunjuk jalan berkata, lurus ke Bogor, kanan ke Bekasi. Kita ambil ke kanan. Di jalur ini kita sempat papasan dengan seorang lone biker full costume dari arah berlawanan. Kring-Kring…

Baru sekitar 50m kita melewati pertigaan Setu, ada yang teriak dari pinggir jalan. Kita tengok ternyata ada dua orang pesepeda sedang ngadem di sebuah warung. Mbalik, tim memutuskan untuk nengok “apa hidangan yang tersedia disitu…” Rupanya ada yang belum sarapan.

Dua orang pesepeda itu ternyata dari klub sepeda Jonggol, tepatnya Citra Indah. Ooo… yang dekat Cibarusah ya? Mereka sedang menunggu rombongan bekasi yang akan mereka antar offroad-an di daerah Jonggol sana. Diajakin sih… Cuma ya itu sudah ada agenda ke Along, setiap anggota tim sudah tertera panjang di kepalanya daftar belanjaan, rekan2 Cikarang juga sudah telp dan sms Pak Ketu untuk nitip ini-itu. Jadinya kami dengan halus menolak, tetap membulatkan tekad ke Along.

Warung ini sederhana saja. Menjual nasi rames teh panas dan tehbotol. Lumayan teduh dibawah pohon rindang. Pas banget buat mencari tambahan oksigen para pesepeda yang mulai senut2 kakinya ini. Di belakang warung ditanami sayur mayur. Pas difoto, bagus juga ya?

sawah setu

Lanjutt…Baru 200m melanjut ke arah bekasi (Barat), Pak Ketu tak tahan dengan urat explore-nya. Belok kanan melihat jalan aspal nganggur. Wah… masuk kampung. Desa tepatnya, karena masih banyak sekali kebun dan halaman yang luas. Sampai suatu saat itu jalan aspal habis. Intuitif tentu ambil ke kiri (Barat/Selatan) sementara di kejauhan kok tampak terlihat ada lone biker lagi. Bener saja, kita ketemu lone biker (yg ternyata kemudian diketahui tinggal di Legenda, maaf lupa nanya nama) masuk deh dalam bimbingan bliau kita ke dalam desa itu.

Amazing…Masih ada jalan tanah, selebar 3m-an naik turun, di kiri kanan pohon tinggi dan bambu yang rimbun. Kita serasa masuk ke terowongan hijau, dingin, tenteram. Wah.. udah lama banget gak lewat jalan model begini. Sementara Om Penunjuk Jalan (OPJ) membawa kita melewat jalan keluar masuk kompleks dan kampung, memotong2 jalur dan menerabas, kelihatan banget OPJ ini sangat mengenal daerah ini. Yah berungunglah kita. Coba eksplor sendiri, mayan kalau mau nanya, kalau sok tau bisa muter2 gak karuan tuh. Nerabas2 saja OPJ ini membawa kita ke Along dalam ride xc selama sekitar sejam.

Sampe juga ke Along. Masih sekitar jam 9 pagi lebih, tapi itu toko sudah rame juga. Memang pesepeda yg berkostum masih dikit, kami termasuk gelombang awal sehingga bisa nanya ini itu dan beli duluan. Tapi tak lama berselang, sekitar jam 10-an sudah ramai sekali rombongan2 lain. Waduh… Rupanya Along sangat dikenal di daerah bekasi, khususnya timur ya? Kalau barat bekasi kan masih ada Rodalink dan DBS. Speedshop gak tau deh disebelah mana.

Beli juga handlebar “FSA” yang flat. Juga headset yang jadi satu sama stem (biar irit hehe…) plus pedal. Kena deh 250rb melayang ke kantong Along. Udah gitu jauh2 deh dari toko, sempet ngobrol2 juga sama orang2 pesepeda (ada 4-5 rombongan) yang mampir ke toko Along. Saking asiknya belanja dan ngobrol sampe lupa motret tokonya.

berlanjut ke bagian kedua

2 responses

  1. Ping-balik: Cross Country Cikarang-Setu-Narogong-Cikarang (bag2) « Harto Basuki

  2. drg Prananto

    Info : Karawang fun bike 2009.
    Tanggal : Minggu 15 November 2009
    Rute : Karangpawitan-Rengasdengklok-Johar
    Tiket : Rp 30.000 (topi, kaos, makan+es krim)
    Hadiah utama 2 buah sepeda motor + ratusan hadiah lainnya.
    Penyelenggara : PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Karawang + Ciptadent + Mie Sedap

    Tiket dapat diantar hubungi : drg Pran
    081519629911
    081210097886
    087881598450

    November 13, 2009 pukul 1:49 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s