enjoy every cadence, every breath…

Frekuensi Bersepeda Sehat

Liburan kemarin saya mendapat kesempatan berdiskusi pendek dg seorang dokter ahli olahraga kesehatan dan ilmu faal. Sedikit intisarinya…

Olahraga bersepeda ke kantor, bike to work, adalah olahraga kesehatan. Olahraga jenis ini berbeda sekali karakternya dengan olahraga prestasi. Olahraga prestasi mengejar level tertinggi tanpa mempedulikan lagi batasan fisik, sementara olahraga kesehatan bertujuan utama menjaga agar kita ada pada kondisi sehat aktif, tidak hanya sehat statis.

sepedahsehat

Frekuensi minimal olahraga kesehatan yang dianjurkan adalah olahraga dengan intensitas sedang, termasuk bersepeda pd kecepatan sekitar 20km/j, selama minimal 30 menit dan dilakukan 2 kali seminggu.

Deskripsi diatas adalah frekuensi minimal untuk menjaga tubuh pada kondisi sehat aktif. Kondisi sehat aktif pasti menjamin kondisi sehat pasif. Ilustrasinya adalah saat kita berlari kecil selama 15 menit, orang yang sehat pasif, jarang berolah raga, hanya sehat saat duduk manis di meja, akan segera terlihat bedanya dengan yang sehat aktif.

Beberapa waktu lalu sempat terjadi diskusi tajam di milis b2w-indonesia@yahoogroups.com ttg frekuensi bersepeda ini, ada rekan yang memandang bersepeda tiap hari ke tempat kerja harus diupayakan benar, dituju. Memang kadang karena saat rutin berolah raga kebugaran kita juga meningkat, frekuensi dan jarak terdorong untuk kita naikkan. Batasan olahraga kesehatan jadi kabur..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s