enjoy every cadence, every breath…

Gesang

Barusan baca artikel di Kompas tentang Gesang Martohartono, buaya keroncong (kenapa buaya sih?) Yang 1 Oktober kemarin merayakan ulangtahun ke90.

gesang

Ada di Kompas 12 Okt hlm 12, setenga halaman lebih cerita khususnya. Mengharukan, dan juga membanggakan, sekaligus kagum bahwa ternyata nama besar MBah Gesang hanya dicapai dengan 44lagu saja, jumlah seluruh lagu ciptaannya. Relatif sedikit untuk tokoh yg berkecimpung sejak 60an sampai 2000an, hampir 50tahun.

Menyentuh juga melihat musisi senior dan pengarang lagu begini ternyata masa tuanya dihidupi oleh ‘hak cipta’. Kalau lihat sisi ini kok ya mulia banget ya hak cipta itu. Seperti harta terpendam yg selalu beranak dan menghasilkan. Seperti bebek yg secara rutin bertelor emas dlm cerita Covey.

Ini juga menunjukkan kalau keroncong tidak pernah mati. Terbukti Gesang masih mendapat royalti yg jumlahnya meningkat dr tahun ke tahun (2007 ini di Kompas ditulis 90jt). Jadi sebenarnya pembeli karya keroncong masih terus ada. Tidak perlu MBah Gesang berulang mengucap harapannya yg berbau ‘desperate’:

“…Jangan sampai keroncong mati, dan Indonesia tetap jaya…”

Jadi?
Cobalah ambil waktu dengarkan keroncong! Darah tidak berbohong kok, it’s in your blood…

One response

  1. latto Moga UChikawa

    ass.
    hebat bukan kepayang eyang gesang andai semua orang bisa mengambil hati dari pada sifat yang begitu kental akan sesuatu yang etang gesang cintai pasti hidup ini akan lebih bermakna, hidup bersama dengan apa yang bisa ia lakukna tanpa ada unsur lain yang menekan dalam ridinya.
    AKU SALUT KEPADA EYANG GESANG.

    April 29, 2008 pukul 6:42 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s