enjoy every cadence, every breath…

Super Mario

Sudah pernah dengar tentang Mario Teguh ?
Salah satu pembicara-motivator yang sangat piawai. Tidak seperti Gde Prama yang lebih cenderung kekuatannya di tulisan, Mario Teguh ini kekuatannya lebih di cara pandang yang disampaikan secara lisan; audio (siaran radio) atau video (siaran televisi)

Kalau Gde Prama lebih ke ‘humble’ dan rendah hati, kalau Mario beda lagi, meskipun secara prinsip masih sejalan. Mario sering memakai sudut pandang yang unik untuk melihat sesuatu hal atau kejadian.

Ini contohnya waktu berbicara tentang konflik dan stabilitas, suatu hal yang sepertinya sulit untuk dibicarakan

Karena stabilitas itu ‘kan bisa berarti sesuatu yang tidak produktif dan konflik biasanya menghasilkan dua hal: “kecenderungan untuk menang” dan “kecenderungan untuk survive atau bertahan”. Konflik, bagi orang-orang yang lemah dipandang sebagai kecenderungan untuk selamat dan bagi orang kuat dilihat sebagai kecenderungan untuk menang. Dari kedua-duanya konflik bisa menghasilkan nilai tambah. Yang kita bicarakan adalah konflik internal perusahaan yang membuat orang-orang lebih tajam sense-nya baik itu perasaan, pemikiran dan insting. Konflik-konflik yang tidak bermanfaat bagi bangsa ini adalah konflik antar golongan dan antar kelompok. Tadinya saudara, hanya karena berbeda siapa yang dipujanya sebagai pemimpin lalu bermusuhan. Sangat dangkal sebenarnya.

(dikutip dari http://www.mtsuperclub.com/ )

Nah kan?
Mengerti yang saya maksud?

Kekuatan Mario Teguh adalah berpikir dengan sudut pandang yang sangat positif, dan sangat unik… Luarbiasa. Bahasa Mario adalah ‘Cara Super’ untuk melihat sebuah fenomena.

Sangat fundamental, karena menurut pengamatan saya, sebagaian besar dasar kita untuk berubah dan bertindak adalah dengan bagaimana kita melihat sebuah kejadian/fenomena. Dari sudut pandang kita melihatnya akan sangat mempengaruhi reaksi kita.

Senangnya akhirnya bisa mendapatkan site tentang Mario Teguh ini…
Senangnya menemukan salah satu orang yang saya kagumi ternyata men-share dengan bebasnya pendapat, transcript, pemikiran, dan yang terpenting, sudutpandangsupernya dalam sebuah website…

Silakan tengok Mario Teguh Super Club
mt

I know… beberapa dari anda mungkin merasa ‘geli’ dan terganggu dengan judulnya yang pakai kata2 ‘super’ itu, tapi coba deh pisahkan saja judul dari isinya dulu. Coba tengok dan baca isinya saja…

19 responses

  1. wah… selama dia mau share ini tanpa biaya, gue diem aja. tapi begitu dia menawarkan ide2 dia dgn imbalan uang. dia langsung masuk kategori MLM bagi gue.

    kata2nya buat gue biasa aja. berbeda dgn anda, saya tidak merasakan *dahsyat*nya kata2 dia.

    kenapa ya? apakah gue udah kelewat sinis?

    Oktober 7, 2007 pukul 8:06 pm

  2. Pak Harto Basuki yang baik,
    Terima kasih Bapak telah memberikan resume mengenai Mario Teguh.
    Memang, beda orang akan berbeda pula pendapatnya, begitu juga cara pandangnya.
    Di beberapa kesempatan, Pak Mario memaparkan untuk “melihat baik”-nya dari keberagaman cara pandang ataupun setiap kejadian.
    Pernah, tulisan beliau di milist, secara terang-terangan di milist lain diakui oleh pencetus milist dan pengarang buku Motivasi Indonesia (Bapak dapat searching di google/yahoo untuk ini, tetapi tulisan yang dimaksud sudah di-drop oleh ybs)

    Pak xtrhic yang Super,
    Terima kasih atas pendapat Bapak mengenai Mario Teguh. Pendapat Bapak tidak salah dan sah-sah saja. Tetapi, apakah Bapak sering mengikuti program-program pelayanan Pak Mario di Radio atau Televisi?
    Yes, Pak, program-program tersebut merupakan program pelayanan Pak Mario kepada publik, dan satu hal yang perlu diingat bahwa beliau tidak menerima atau meminta bayaran dari pelayanan publik tersebut.
    Bila Pak xtrhic berkenan, Bapak dapat bergabung di milist MTSuperClub@yahoogroups.com untuk dapat bertukar pikiran lebih lagi dengan para Super Members, dan memang banyak ide bisnis di sana, Pak, tetapi itu dilakukan oleh para Super Members dengan dipayungi brand Mario Teguh, dan Pak Mario sendiri tidak mendapatkan apa-pun dari sana kecuali melihat para Super Members meniti anak tangga menuju kecemerlangan hidup yang direncanakan oleh masing-masing pribadi.
    Pak Mario itu anti MLM dan segala macam yang berkaitan dengan rokok. Banyak MLM yang menawari beliau untuk bergabung, tetapi dengan tegas ditolak.
    Bila Bapak tidak keberatan, Bapak dapat membaca buku-buku Pak Mario Teguh: Becoming A Star dan One Million 2nd Chances
    Begitu ya, Pak xtrhic. Sekali lagi terima kasih atas masukan dari Bapak.

    Oktober 16, 2007 pukul 9:05 pm

  3. Kevin

    Pak harto Basuki yang baik,
    Menurut saya, pendapat bapak tentang Mario Teguh ada benarnya.
    Dan saya merupakan salah satu penggemar Mario teguh. Kebetulan saya merupakan seorang mahasiswa, organisasi kemahasiswaan yang saya ikuti berkeinginan untuk mengundang Mario Teguh untuk menjadi pembicara dalam seminar yang akan diadakan organisasi yang saya ikuti dan itu atas usul dan kepercayaan saya kepada mario teguh.
    Nah, saya memiliki beberapa kendala untuk mencoba mengundang Mario teguh, seperti no telp contact personnya.
    Jadi, bisakah Pak Harto membantu saya untuk bisa mengundang Mario Teguh sebagai pembicara dalam seminar yang akan diadakan organisasi yang saya ikuti?
    misalnya dengan membantu saya menemukan no telp contact personnya Mario Teguh.
    Terima kasih banyak atas perhatiannya.
    Dan pastinya jika seminar ini bisa tercapai, bapak akan menjadi tamu istimewa yang akan kami undang dalam seminar Mario Teguh.

    November 4, 2007 pukul 2:43 pm

  4. @Kevin
    Wah, saya juga baru mengamati Mario Teguh. Mungkin bisa mengamati milis mailto:MTSuperClub@yahoogroups.com dulu Pak.

    November 5, 2007 pukul 6:51 am

  5. Pak Kevin yang baik,
    Bila perusahaan/organisasi Bapak ingin mengundang Pak Mario Teguh sebgai pembicara dalam seminar, Bapak dapat menghubungi kantor Exnal Corp Jakarta att. Ms. Maya di 021-7248661 atau 7248662, direct 0818142080, fax 021-7248872 atau melalui email di exnal @ cbn.net.id

    Salam Super,
    Tommy Christanto

    November 12, 2007 pukul 11:16 am

  6. Mario Teguh adalah salah satu motivator yang saya kagumi. Bahasanya santun sudut pandangnya hebat. kita bisa mendapatkan kekutan yang berlipat mendengar motivasinya.

    Salam Super.
    Suranto

    November 20, 2007 pukul 3:01 am

  7. Saya teringat dengan para dosen saya yang mengajarkan tentang tujuan hidup manusia. Selain manusia patut memiliki pengatahuan dan dasar filosofis juga pengetahuan akan kekayaan diri yang patut disyukuri dan dinikmati.
    Berpikiran positif sudah tentu menjadi suatu proses solutif namun bukan berarti jalan manusia untuk menemukan tujuan. NAmun yang penting berfikiran positif sudah tentu sebelum mengerjakan sesuatu telah mengerti akan apa yang akan terjadi, bagaimana manusia bersikap dan kenapa harus melakukan sesuatu yang harus kita lakukan.

    November 28, 2007 pukul 12:58 pm

  8. lady diana

    salam hormat,
    saya sungguh sangat kagum dengan bpk mario teguh, saya mengenal dia ketika nonton televisi setiap hari kamis malam. ketika saya mendengar pertama kali sangat menyentuh hati. kepandaian berbicara, tutur katanya sangatlah bagus. dari sananlah saya mendapat ispirasi dalam pekerjaan saya. dia memberi solusi yang terbaik dengan jawaban jawaban yang tepat. ingin rasanya bertemu beliau dan berbincang bagaimana berbisnis yang baik

    Februari 8, 2008 pukul 1:22 pm

  9. Putri

    Tolong no telp contact Bpk Mario Teguh ya, saya mau menanyakan beberapa hal tentang pengembangan diri agar berani berbicara di dalam forum dll.

    Terima kasih

    Februari 15, 2008 pukul 12:29 pm

  10. greis

    Pa Mario Teguh!!
    Salut banget buat bapak!!
    dua jempol untuk bapak, bahkan kalo jempol saya ada 4 saya kasih deh buat bapak!!!
    oh iya, bisa tidak acaranya jangan cuma hari kamis saja??

    Thx..^_^

    Maret 28, 2008 pukul 10:19 pm

  11. dhina arsanti

    salam super,
    saya samgat mengagumi cara berfikir bapak yang sangat sederhana dan ringan sekali ……
    begitu jeli dalam menlihat situasi yang ada di sekitar ruang lingkup kita,dengan meninggalkan kebaikkan yang saling menguntungkan.
    semoga saya selalu mendapat ilmu dari petuah bapak yang super bijak.

    super terimakasih …

    April 2, 2008 pukul 5:34 pm

  12. GHASSANI SAGITARIUS

    Setiap orang memilik hak untuk memberikan komentar, pendapat, bahkan mengagumi Bapak Mario Teguh yang dijuluki si motivator. Begitupula bila julukan itu bisa diberikan kepada motivator-motivator lainnya.

    Bapak Mario Teguh menggunakan bahasa yang samar, penuh perumpamaan, harus ditebak-tebak (bahkan sulit dimengerti oleh kebanyakan orang) dan bisa menimbulkan multi tafsir, dan bersifat umum. Atau dengan kata lain beliau tidak menganalisa masalah total individu (terapi individu) dan interaksinya dengan lingkugnan, dan memberikan pengarahan yang berupa pilihan yang seharusnya dilakukan.

    Memang setiap orang yang sedang terpuruk mengharapkan kehadiran orang lain yang bisa memberi semangat atau memberikan cara membaca kesulitannya dan sekaligus kegagalannya, dan kebiasaan yang dilakukan orang adalah pergi ke paranormal.

    Tetapi semua itu berpulang kepada pribadi yang bersangkutan, maukah dia mengelola dirinya sebaik mungkin, dalam kehidupan sehari-hari saja bisa dilihat, berapa jam dia tidur, berapa jam dia sibuk bekerja dan belajar, berapa jam dia berusaha menyediakan waktu untuk mengubah nasibnya, dan sebagainya. Apakah dia bekerja keras untuk itu, penuh kesabaran dan ketekunan, dan bagi orang yang beragama apakah dia berdoa untuk itu dalam kata-kata dan perbuatan seperti beramal baik kepada orang lain dengan tenaga dan hartanya.

    Berjuta-juta kata motivator tidak akan mengubah apa-apa kalau dalam diri sendiri tidak ditanamkan kedisiplinan yang tinggi. Kata-kata Bapak Mario Teguh hanya akan berupa pelipur lara bagi sebagian besar pemirsanya dan penggemarnya, bagaikan angin lalu saja yang hanya menyejukan sesaat.

    Juli 22, 2008 pukul 1:00 pm

  13. pak basuki, ada bbrp kritik & saran untuk p mario teguh
    tapi gak enak kalo disampekan dalam forum terbuka..
    apa bisa bantu info alamat email (pribadi) beliau ?
    terimakasih

    November 18, 2008 pukul 5:43 am

  14. bagai mana meningkatkan semangat belajar

    Januari 10, 2009 pukul 8:40 am

  15. @safyra
    Kayaknya ada mailing list khusus mengenai mario teguh. Bisa coba cari di google atau yahoogroups.

    Januari 18, 2009 pukul 11:30 pm

  16. pak saya mau tanya, kalau ingin mengundang pak MARIO TEGUH ke kota kita gmna caranya? sya siswa kls 12 sma di kota binjai, sumut, yg sbentar lagi akn terjun ke masyarakat. di masa transisi ini kmi butuh pengarahan dr pak MARIO. rencananya kmi mau mengundg pak mario di acra yg akn kmi selenggarakan. utk itu kmi hrs sediakn anggaran brp y pak? MOHON JAWABANNYA PAK

    Januari 24, 2009 pukul 5:57 pm

  17. Bapak yang terhOrmat….

    Mungkin sama seperti yang reza tanyakan…
    Saya berencana untuk mengundang Bapak MArio Teguh di seminar saya. Saya berdomisili di soLO dengan background mahasiswa. Untuk itu kiRa kira saya butuh menyiapkan anggaran berapa ya pak…????

    Mohon bantuannya..
    Maaf merepotkan…

    Saya tunggu balasan BApak..terima kasih banyak

    Februari 28, 2009 pukul 11:10 am

  18. firman saiful latara

    ass.bpk yg super.saya sangat tertarik dengan cara2 bapa dalam menyampaikan kata,untuk memotifasi/mendorong seseorang untuk maju..

    pa saya berencana mengadakan seminar dikaps saya,
    kalau saya boleh tau bagaimana birokrasinya,dan berapa biaya nya pa…?

    mohon bantuannya,dan maaf merepotkan ditunggu pa balasannya..

    terimakasih bapak yang supper.amin

    Mei 2, 2010 pukul 1:16 am

  19. bambang

    Ass. Pak Mario
    perusahaan kami berencana mengundang bapak sebagai pembicara dalam acara seminar. untuk itu kami mohon informasi no telpon yang bisa kami hubungi.
    atas infonya kami ucapkan trima kasih.

    Januari 31, 2012 pukul 12:01 pm

Tinggalkan Balasan

