enjoy every cadence, every breath…

Pemeliharaan Adenium (bag 2)

Kata ‘adenium’ ternyata paling banyak jadi keywords masuk ke blog ini, dan banyak sekali orang masuk ke post Adenium dan Aglonema di blog ini. Ini jilid kedua, lanjutan dari ini

5. Pemangkasan Daun
Sebelum diskusi dengan WakSutan saya selalu heran kenapa gambar2 yang di post di milis adeniumania@yahoogroups.com selalu tampak gundul dari daun. Daun-nya dikit banget, cenderung minim. Ternyata treatment itu memang sengaja. Pemangkasan daun, dan hanya menyisakan 3-4 lembar daun terbaru dari setiap batang bertujuan untuk menyalurkan pertumbuhan ke bonggol dan batang. Ini dengan tujuan kita menginginkan bonggol yang gemuk, besar dan disertai batang yang kokoh namun ‘kuntet’ dan bergaya tua seperti bonsai. Kita sebenarnya tidak menginginkan adenium kita menjadi rimbum berdaun.

1

6. Pembesaran Bonggol
Keindahan bentuk bonggol, keunikan bentuknya, kombinasi yang dihasilkan bersama batang danun dan bunga-nya dalam komposisi memegang peranan penting. Bonggol yang besar tampak tua dan semakin medekati bentuk ideal yang seperti bonsai; tua, kuat, kokoh.
Untuk membesarkan bonggol tentusaja mesti memperhatikan pemupukan. Salah satu tips yang sering digunakan juga adalah memendam bonggol ke dalam media tanam. Bonggol yang sudah kita munculkan diatas permukaan media tanam akan mengalami pertumbuhan yang jauh berkurang dibandingkan dengan bonggol yang tertanam dalam media. Jadi taktik yang digunakan adalah membuat komposisi bonsai dari bentuk bakalan, membayangkan besar bonggol yang diperlukan, dan secara bertahap memunculkan bonggol ke atas permukaan media tanam.
Jika suatu ketika kita inginkan bagian tertentu bonggol untuk diperbesar lagi, maka kita bisa melakukan treatmen pemendaman dalam media kembali. Bonggol yang sudah pernah dimunculkan ke permukaan, masih bisa diperbesar dengan cara menanamkannya dalam media.

Sudah dulu..

Nanti berlanjut ke bagian ketiga
Coba tengok bagian pertama

2 responses

  1. Ping-balik: Pemeliharaan Adenium « Harto Basuki

  2. Ping-balik: Pemeliharaan Adenium (bag 3) « Harto Basuki

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s