enjoy every cadence, every breath…

Jazz (yang dimainkan orang) Indonesia

Wadoh!

Banyak banget di kepala yang pengen ditulis.. Gara2 Blackberry masih masuk bengkel, jadi gak bisa mobile-blog-post deh.. Hhmm.. dimulai aja deh pokoknya, ini cerita berhubungan dengan Nonton konser Indra Lesmana Trio di Gedung Kesenian Jakarta, dua minggu lalu. Hari Jumat malam, 7 Sep 2007.

Ulasan paling lengkap dan menarik ada di Kompas Minggu, 9 Sep 2007 (sayang saya cari2 versi online-nya kok ngga nemu). Inti liputan dan gambar yang bagus itu adalah telah ditemukannya (kembali?) ‘Jazz Ala Indonesia’. Keberadaan dan penampilan grup ini menjadi momentum pembuktian. Membanggakan, dan saya setuju saja.

Saya selalu berusaha menonton konser jazz lokal. Semangat menonton konser jazz lokal saya melebihi semangat menonton artis2 jazz dunia. Kok rasanya ‘gak heran’ gitu kalau lihat artis dunia, yang muncul dari negara dengan serba lengkap dan cukup. Mereka memang seharusnya ada di level dunia. Lain dengan kita yang serba terbatas begini, rasanya pencapaian musikal, apalagi jazz, jauh lebih ‘kena’. Dan lebih bangga melihat bangsa sendiri tampil. Karena jazz musik ekspresif, kadang terasa lebih ‘nyambung’ dengan apa yang ditampilkan.

Itu makanya saya sendiri heran dengan tingkah laku saya pas dapat kesempatan ada yang berbaik hati memberikan day pass ke Java Jazz Festival dua tahun lalu. Lee Rit cuma saya lirik beberapa menit, begitu juga take6, dan segambreng nama besar lainnya. Saya sangat menikmati menonton grup senior-nya Oele Patiselano yang ‘mengobrol’ dengan jazz, juga semangat memunculkan budaya daerah ala Balawan, yang dengan gitar Ibanez (yg penampilannya rock banget!) main bareng combo jazz dan gamelan bali. Di hati ini lebih ‘Mak Nyus’

Tinggalkan Balasan

