enjoy every cadence, every breath…

Tentang Nama

Iseng nyampai ke blog Mas Boing yg cerita ttg nama disini. Emang susah ya punya dua (atau lebih) nama?

Saya dari kecil dipanggil dengan nama “Anto”. Sering sekali ada yang bertanya dari mana asalnya setelah mengetahui nama asli saya (di judul blog ini). Haha.. memang saya susah menjelaskan, bahkan menanyakan ke orangtua pun tak tega. Gak tau juga kenapa ngga tega, mungkin saya enggan membuat mereka mengingat masa kecil saya yang serba sangat kekurangan dan ada banyak hal tidak menyenangkan untuk diingat daripada yang menyenangkan. Tapi pernah dengar sekilas alasan ibu pas cerita sambil santai “Enak saja didengar”, dan dekat dengan nama yg semula akan diberikan pada saya “Tinta”. Ahhaahahaha.. mirip nama ortu pembalap.

Nama Anto ini ternyata hanya bertahan sampai saya TK. Setelah masuk SD, entah kenapa saya kemudian dipanggil “Harto” di sekolah. Ini alasannya saya bisa duga2. Kayaknya saya terlalu pendiam dan ‘celingus’ (red: pemalu, gak gaul, introvent). Sehingga saya nurut dipanggil sesuai nama asli. Lalu juga mungkin masa saya SD nama tersebut “punya arti kekuatan tersendiri” hahaha… maklum itu sebagian nama presiden yang waktu itu sangat berkuasa.

Kemudian Pas masuk SMA, saya berinisiatif merubah nama panggilan saya jadi “Anto” kembali. Kenapa ya? Mungkin saya pengen tampil lebih ‘hip’ kalo bahasa anak sekarang. Nama Harto terlalu ortodoks dan kesannya kuno. Trus dalam banyak situasi saya merasakan punya nama yang mirip penguasa negeri ini menyebabkan harus mengalami beberapa hal yang membuat canggung dan tidak enak. Waktu itu saya juga berpindah sekolah dari SMP yang di desa, di tengah kompleks, ke salah satu SMA favorit di Jogja. Saya merasa harus ‘ganti baju’. Haha… lucu banget kalo inget masa itu.

Tapi ternyata sebutan nama Harto belum selesai disini saja. Ternyata di kerjaan pun saya dipanggil dengan nama Harto. Wah… Ya sudahlah. Malah kadang bisa menduga kalau kita disebut dengan nama tertentu itu artinya dari link pergaulan yang mana. Karena saya sering sekali lupa dengan kenal dimana ya sama orang ini??

One response

  1. he he he … nama Boing juga hanya di kenal di sekolah saya saja.😀

    Agustus 25, 2007 pukul 11:14 am

Tinggalkan Balasan

