enjoy every cadence, every breath…

Modal Intelektual (Intellectual Capital)

Dua minggu lalu kami sangat dihibur oleh sebuah event buku yang menarik di Cikarang, tepatnya Cikarang Baru. Gramedia mengadakan pameran buku plus diskon besar2an. Buku2 baru diskon 20% sementara buku lama ada yg dibandrol 5ribu dan 10ribu perak. Buku cetakan kedua th 2002 ditulis oleh Thomas A Stewart ini berjudul judul post ini termasuk yg dihargai 10rb rupiah.

1

Bukunya sendiri baru saya mulai baca, tapi intinya adalah perusahaan dapat memiliki kekayaan intelektual yang menjadi nilai tambah untuk bersaing. Kekayaan ini bukan kapital seperti modal, aset, bahan dan lahan. Tapi bisa berupa sistem, pengelolaan, manajemen, isi kepala, ethusiasme, semangat, dll. Semua yang membedakan Microsoft/toyota di satu sisi dengan IBM/General Motors di sisi lain.

Sementara weekend lalu saya mendalami diskusi yang seru dengan bbrp rekan, yang sampai seorang rekan mengungkapkan ketidakpercayaannya pada ‘human capital’ yg mungkin dekat ya dengan ‘intellectual capital’ ini adalah benar berlaku untuk industri manufaktur. Menurut pemahaman dia di industri manufaktur ‘human are just machine that produce something’. Dia berpendapat bahwa untuk bidang jasa barulah ‘human capital’ itu penting, karena disitulah isi otak karyawan menjadi sesuatu yang dijual oleh perusahaan.

Hhhhmmmm…
Kontradiktif
Tapi mending terusin baca dulu saja.

29 responses

  1. Wila

    Salam kenal Bapak!!!!
    Wl lagi butuh informasi/ referensi Lebih lengkap mengenai modal intelektual bt bahan skripisi. Mohon Bantuan Bapak! Terima kasih.

    Maret 9, 2008 pukul 7:45 pm

  2. indira

    pak harto, kira2 bukunya masih ada ngga ya? maksudnya, masih dijual gitu..

    Juni 3, 2008 pukul 9:43 am

  3. salam kenal Pak

    wah baru tahu kalau ada bukunya intellectual capital, bahasa Indonesia pula.
    terima kasih Pak atas infonya, segera saya cari di gramed.

    Oktober 20, 2008 pukul 9:15 am

  4. laila

    Pak, terima kasih atas infonya, tapi di gramedia kota kami ( padang ) belum ada, kebetulan saya butuh sekali, gimana yaa caranya ..

    November 3, 2008 pukul 8:59 am

  5. dewiq

    salam kenal pak…
    buku intellectual capital ada yach???kebetulan sekali..skripsi saya tentang itu,..saya butuh sekali informasi buat referensi!!kira2 bukunya msi ada ga ya??mohon bantuan bapak!!!

    Desember 12, 2008 pukul 9:35 am

  6. niar

    pak… makasi banyak atas infonya.. saya juga butuh banyak refernsi tentang intellectual capital…. mohon infonya lagi ya pak.. maksi

    Januari 6, 2009 pukul 3:03 pm

  7. indah

    pak, tolong donk kirim ke email saya tentang modal intelektual saya butuh untuk bahan skripsi. tx b4

    Januari 16, 2009 pukul 8:45 pm

  8. indah

    bagaimana dengan PSAK tahun 2007, apakh intellectual capital diakui perlakuan akuntansinya? tolong dibalas ya… tx

    Januari 16, 2009 pukul 8:46 pm

  9. intan

    pak..makasih untuk infonya..
    saya membutuhkan informasi yang lengkap terkait intellectual capital untuk bahan tulisan akhir(skripsi) saya…mohon direferensikan buku tersebut (judul, tahun, pengarang).
    terimkasih..

    regards.

    Januari 31, 2009 pukul 9:19 am

  10. anggi hagari

    Pak harto, salam kenal..saya benar2 butuh bantuan bapak..
    skripsi saya stuck di bab 2.. membahas tentang intellectual capital dan intellectual property.. sangat kurang referensi..
    boleh saya pinjam buku Thomas A stewart nya?? karena udah saya cari sampai ke penerbit nya, buku ini udah ngga terbit lagi..
    saya mohon pak..

    Februari 23, 2009 pukul 12:03 pm

  11. nugroho

    salam hormat….
    pak saya sedang mengkaji mengenai intellectual capital. apa bisa saya mendapat referensi untuk memperdalam kajian tersebut?
    maturnuwun…

    Maret 15, 2009 pukul 11:43 pm

  12. suziE

    Ass… pak Harto salam kenal yah, wah kajian IC (intellectual Capital) skaRang memang Lagi Booming…
    Sekrang pak saya lagi menyusun skripsi tentang IC,,tapi kurang referensi dlam mengkaji IC, terutama yang pengaruhnya terhadap kinerja keuangan

    pak kalo boleh, bapa bersedia kasih saya tambahan referensi tentang IC ya untuk memperlancar skripsi saya.. makaSi pak.

    Wass.

    April 13, 2009 pukul 3:03 pm

  13. rina prilianti

    selamat pagi…
    saya sedang menyusun skripsi tentang IC… tapi masih kekurangan referensi….
    bisa bapak beritahu saya buku apa saja yang bisa saya baca…
    terima kasih…

    Mei 8, 2009 pukul 11:00 am

  14. nienz

    salam kenal,
    saya hanin, saya juga sedang skripsi tentang intellectual capital saya sekarang berhenti di bab 4 selain saya kebingungan dalam mengolah datanya saya juga bingung untuk membuat skripsi saya layak untuk saya ajukan. saya berharap bapak mau membantu. karena saya benar-benar dah pusing. saya minta bapak mau membantu dalam proses skripsi saya. terima kasih

    Mei 24, 2009 pukul 8:07 pm

  15. William Indra

    Salam kenal pak,
    saya mau nanya nih, kira-kira tokoh pencetus teori ini siapa ya?
    mohon dijawab pak ya, ini buat keperluan majalah.

    Juli 10, 2009 pukul 8:08 am

  16. nsa

    aslm..
    mnurut saya, manajmen human capital jg diterapkan di bidang manufaktur
    bagaimanapun ide2 kreatif di bidang produk, riset dan pemasaran timbul dari manusia
    katanya manusia merupakan SD unik dan inti yang dapat mengatur sumber daya finansial atau fisik lainnya

    bwt temen2 yg kesulitan literatur, di internet banyak kok jurnalnya
    di http://www.intellectualcapital.nl,www.emeraldinsight.com dan link2 jurnal lainnya

    kalau buku yg bhs indonesia setahuq, punyax sangkakala

    Agustus 5, 2009 pukul 1:30 pm

  17. wida

    ternyata ada yaa buku yang khusus ttg intellectual capital,, bahasa indo lagi..
    kebetulan skripsi saya juga ttg IC,, tapi kesulitan nyari referensi..
    kira2 masi ada ga ya bukunya??
    tolong dibei info lebi lengkap mengenai buku (pengarang,penerbit,tahun terbit, dsb)..
    makasie..

    Oktober 1, 2009 pukul 9:12 pm

  18. william indra

    untuk mbak wida, info aja. sekarang telah terbit buku intelectual capital karangan Ihyaul Ulum MD, penerbitnya Graha ILMu, yogyakarta.

    Oktober 31, 2009 pukul 7:21 pm

  19. YUNITA

    kira2 dmna ya ada buku IC????
    tolong dunk kirim email ke yunitayunita90@yahoo.co.id

    Desember 24, 2011 pukul 1:23 pm

  20. Utami

    saya mohon info penjualan buku IC Stewart versi Bahasa Indonesia. Terimakasih ,mohon infonya ke tamipuja@yahoo.com

    Maret 6, 2012 pukul 5:12 pm

  21. amal

    salam kenal
    saya mau dong buku Intellectual capital thomas a stewart fotokopian nya aja gpp..
    please yah tolong di respon komentar ini, saya butuh banget buku ini demi kelancaran masa depan saya..
    saya udah frustasi nih *nyilet2tangan* , tolong bgt di respon ke email saya amal.de.muhlisul@gmail.com

    Maret 17, 2012 pukul 7:48 pm

  22. Anonim

    asslmkm….
    pak sy mau tanya kira2 buku tentang intellectual capital penulis na thomas A. stewart ap masih ada??
    soal na sy sedang nyusun skripsi tentang itu, tp sy bingung dosen tanya pengertian itu sendiri dr buku apa? tp sy tdk bs menjawab na…
    sekali lg mohon bantuan na pak….

    Maret 29, 2012 pukul 9:04 pm

  23. Anonim

    kalau ada yang punya buku tersebut, boleh gak aq beli?
    kalau ada dan boleh, bisa hubungi aq di email.
    genx_moklet@yahoo.co.id

    thanks

    Desember 3, 2012 pukul 3:51 pm

  24. Budianto

    saya budi, bagaimana cara pesan buku itu, bisa di email ga ?atau ada contact tlpnya gak?

    Oktober 7, 2013 pukul 5:10 pm

  25. shinta dwi

    Saya sedang skripsk pak mengenai intellectual capital, mohon bantuan utk refrensinya pak
    saya tertarik dengan buku yg dibaca oleh bapak, dmn saya bs mendapatkam buku tsb? Terima kasih pak

    Mei 28, 2015 pukul 5:54 am

  26. Wah tidak tahu dimana sekarang bisa cari buku ini. Semestinya semakin banyak buku sejenis ditulis karena topik ini termasuk topik yang jadi perhatian besar

    Agustus 15, 2015 pukul 10:06 pm

  27. dimana bisa beli buku ini pak?
    terima kasih

    September 24, 2015 pukul 6:53 pm

  28. gita khairunnisa

    Boleh minta nomor whatsapp nya author antoix ?

    Maret 10, 2016 pukul 12:58 pm

  29. Bee

    Pak, masih ada gak buku’a Pak? Saya butuh, tolong hubungi saya Pak kalo masih ada, ini genting pak…

    Mei 9, 2016 pukul 8:10 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s