enjoy every cadence, every breath…

Baut Ban Roda Panther 97

Sebelumnya sudah sering dengar peringatan bernada joke/guyonan di milis panther-mania@yahoogroups.com ,katanya hati2 saja yang punya Panther masih 4 baut roda (sperti Hi Grade 97 saya), ban-nya bisa copot di jalan tol karena baut ban patah.

Memang ini milis kalo becanda dan ledek2an kejam sekali, bahkan bbrp kasus sampai harus seperti berkelahi fisik kalau udah otot2an beda pendapat. Saya kira itu hanya ejekan kejam saja, eh gak taunya sekitar sebulan lalu saya alami beneran.

Tiba-tiba saat berangkat kerja hari senin itu mobil bergetar keras. Langsung minggir dan intuitif periksa ban dan kaki2 dulu. Wah, ternyata baut ban kanan belakang tinggal satu (dari seharusnya 4)! Ngeri saja membayangkan perjalanan weekend kemarin full speed bolak balik ke cikarang-jakarta-cikarang-bandung via Cipularang.

Langsung bongkar di tempat, ini untungnya selalu bawa alat lengkap di mobil. Ini juga kerasa manfaatnya ada sendal dan kaos ganti di dalam mobil.

p1
(Foto dari belakang mobil)

p2
(Foto setelah 2 baut cadangan dipasang)
p3
(Foto baut yang patah)

Saat dibongkar ketahuan kalau sebelumnya sudah patah 1-2 baut. Dan trigger kejadian ini menjadikan baut ketiga patah. Padahal sebulan-an sebelum kejadian ini barusan ganti (pasang sendiri) shock absorber, jadi waktu itu semua ban dilepas, artinya baut juga lengkap.

Di mobil ada spare baut ban, jadi tampaknya saya pernah mengalmi hal serupa sebelumnya. Mungkin skitar 3-5th yll saat itu mudik lebaran kgs.

Jadi jika anda pakai Panther 4 baut ban seperti saya, saatnya mempertimbangkan cek baut sesering mungkin.

5 responses

  1. wicak

    lha mana fotone?

    untumu kok melu dadi ijo ki piye?

    Agustus 5, 2007 pukul 7:58 pm

  2. @Mas Wicak

    Sorry, tadi ditulis di handheld, musti ke komputer kalau upload foto hehehe…

    Agustus 5, 2007 pukul 10:43 pm

  3. salam kenal , kejadian ini sama di Kijang rover saya thn 1994 baut rodanya patah sudah dua kali pertama di tol cibitung keduanya di daerah cipatat – bandung hal ini terjadi pas muatan banyak , sampai sekrang belum ada solusinya , infonya sih harus ganti baut yang orginal

    September 18, 2010 pukul 10:23 am

  4. wah memang bener tuh kejadian…. saya juga pernah ngalami hal sama. pas malam-malam mau pulang dan dimobil ada 3 temen+tumpukan buku, ih……. tiba-tiba mobil bergetar….untung ajha pas jalan lambat, akhirnya minggir dan cek ternyata ban belakang kanan mau copot,……dan untung pas di bengkel yang masih buka jd bisa langsung diganti dan jalan lagi. Setelah kejadian itu langsungsung ajha pantherku kubawa ke bengkel dan suruh ganti semua baut yang ori.Harganya murah kok satunya cuma 20rb. total semua 20rb x 16 jadi 320rb. Harga segitu tidak seberapa dibandingkan dengan nyawa manusia.

    Februari 7, 2011 pukul 8:14 pm

  5. Terimakasih artikel ini membantu dalam pengerjaan tugas akhir saya

    Agustus 4, 2016 pukul 11:47 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s