enjoy every cadence, every breath…

Timnas Indonesia telah “memenangkan” pertandingan ini

Berikut ini adalah posting saya di milis detiksport@yahoogroups.com pada 16 July 07, sebelum berlangsung pertandingan terakhir lawan Korea Selatan. Agak berbau pesimistis, tapi sebenernya menurut saya Indonesia “sudah menang” sebelum pertandingan ini dimulai. Kemenangan menyedot perhatian dan menyatukan bangsa ini untuk beberapa saat.

1
(foto diambil dari id.wikipedia.com)

——-
Saya baru juga di milis ini, salam kenal..

Saya sangat terharu baca email2 disini. Melihat bahwa mendukung tim nasional sepakbola tidak hanya berarti sport olahraga, tapi juga kebangsaan dan kedewasaan.

Saya bukan pesimis, tidak pernah 10th terakhir saya seoptimis ini pada timnas, tapi kita jangan kehilangan kebangsaan (seperti saat mendengar lagu kebangsaan dan berteriak INDONESIA) dan kedewasaan (seperti saat gol injury time lwn arab) saat ternyata besok kita kalah.

Kita memang sudah lama merindukan kemenangan tim olahraga nasional, tapi kita sebenarnya sudah mendapatkan *kemenangan* di sisi lain, terutama dg penonton sepakbola kita yg sebelumnya dikenal suka rusuh. Penonton yg sama telah bermetamorfosis menjadi pemain ke-12 yg lebih menakutkan daripada wasit botak g*b*ok itu!

Tinggalkan Balasan

