enjoy every cadence, every breath…

Terpukau Keroncong

Dua minggu lalu saya bertemu seorang rekan Komunitas Jazz Kemayoran, Mas Iman, yang dikenal memang pakarnya musik bergaya ‘brazillian’. Musik yang berakar ke musik tradisi di Brazil ini salah satu yang diperdengarkan dalam diskusi yang seru itu adalah gaya ‘choro’. Spontan saya kaget juga pas pertama denger, “Kok mirip sama keroncong ya Mas?” tanya saya waktu itu.

Bukannya lebih banyak dengerin musik Brazillian, saya malah iseng beli CD keroncong. Akhirnya terbeli Toto Salmon-Waldjinah album “Raja & Ratu vol.2”. Lumayan, CD tapi cuma 25 ribu rupiah.

Pas pertama denger woeee… darah memang tidak menipu. Urat telinga saya langsung berdesir keras. Permainan flute-nya bener2 membius! Dia bermain seperti kontra melodi, meliuk2 diantara melody utamanya. Sekilas seperti berimprovisasi, mungkin tidak full improvisasi, tapi mirip yang dilakukan dan diperankan pemain clarinet dalam musik dixie.

Lalu tak lupa itu paduan alat2 petik-nya! Luarbiasa! Terdengar saling menyambut dan kompak sekali. Pilin memilin saling mengisi. Wah! Susah deh menggambarkannya. Kurangajarnya, kadang mereka para paduan petik ini seperti melakukan ‘double tempo/double step’ (istilah yg saya tau di marching band sih, gak tau istilah yg sebenernya apa). Jadi tempo paduan petik seperti bersama2 naik ke dua kali lipatnya, semuanya seperti kompak mengikuti, lalu tiba2 kembali ke ritem yang normal lagi. GILA!! Rasanya mendengar pola hal ini dilakukan gak mungkin deh kalo itu direncanakan. Karena tempat melakukannya aneh, dan juga panjang melakukannya juga ganjil. Ganjil tapi ‘nendang’.

Langsung saya akhirnya terjerembab di milis keroncong@yahoogroups.com wuiii… ternyata rame juga. Cuma baru ikut dua hari ini jadi blom liat dan kenal banyak anggota komunitas milis ini. Beberapa diskusi milis ini katanya ada di http://keroncong.wordpress.com

Tak kencur .. kencur.. genduten…

Semalam beli lagi satu CD “Lagu Keroncong Tempoe Doeloe vol.4”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s