enjoy every cadence, every breath…

Ketapang Depan Rumah

Dari welcome message salah satu moderator milis tanaman ada pertanyaan, “…. gimana bisa suka sri rejeki (jenis tanaman) buat anda yang tampaknya musikal? Dimana nyambungnya?”. Astagaa… benar juga ini blog sudah dipenuhi content musik lagi! Bawah sadarnya memang begitu kali ya?

Ok, jadi pengen cerita ttg pohon ketapang di depan rumah. Pohon ini saya suka sekali bentuk daun-nya, yang lebar dan spesifik, memberi keteduhan gitu. Trus juga bentuk batangnya yang bisa tumbuh horizontal. Wah, kalo jadi pohon ini keren banget!

Dari awal perumahan ini menyediakan pohon pinggir jalan yang tidak saya sukai, daunnya memang lebat, tumbuhnya cepat, tapi kalau angin (di Cikarang nih sering banget) ini pohon mudah patah. Namanya pohon apa ya ini? Pernah tau tapi gak inget lagi.

Kembali ke ketapang. Ada musim tertentu ini pohon berperilaku seperti pohon di daerah empat musim. Seperti sudah dua hari ini daun-nya banyak menguning dan rontok. Wah, repot mbersihkannya. Untungnya daunnya besar2 jadi relatif mudah sih, diambilin juga bisa, disapu gampang. Tapi lihat daun2 kering gini jadi pengen bikin kompos yang rutin. Ada yang punya info membuat kompos yang sederhana? Untuk kapasitas rumahtangga saja.

Aku akan foto pohon ketapang depan rumah kira2 ber-evolusinya gimana…

ket1
16 Jun 2007


27 Nov 2009

4 responses

  1. Lagi cari nama latin ketapang nyasar sini.:) Saya suka pohon ketapang…!!!
    Cepet tumbuh lebar daunnya gak usah disapu…di pantai sanur terbukti anti angin dan kuat. Punya bapak ketapang yang gimana ya? yang saya tau ada yang daunnya kemerahan kuning kalau tua tajuknya tegak ada yang hijau mengkilat daunnya tebal.

    Juli 20, 2007 pukul 8:50 pm

  2. @Priyatna

    Wah, gak tau deh ketapang jenis yang mana. Tapi kemarin saya tambahin gambar tuh.

    Agustus 5, 2007 pukul 11:00 am

  3. ikeren

    boleh tau dimana pohon ketapangnya?

    lagi butuh buat ikan nih.

    tolong dikasih tau via email pls.

    Juni 17, 2008 pukul 8:52 pm

  4. Agung Setiawan

    Oke Bos !!!

    Pohon Ketapang depan rumah sekarang sudah seberapa besar ? jangan ditebang lho…(kalo dirapikan boleh juga..).
    Dia-kan banyak bantu kita menghasilkan oksigen untuk paru-paru kita.

    Wassalam
    Agung Setiawan
    d.greencommunity@gmail.com
    Blog: http://deepgreencommunity.blogspot.com

    November 15, 2009 pukul 2:28 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s