enjoy every cadence, every breath…

Trisum – 1st edition

Saya baru minggu lalu beli CD grup tiga gitar Indonesia, “Trisum” anggotanya: Tohpati, Budjana, dan Balawan. Seru banget karena saya inget nonton live penampilan mereka dua taun lalu di TIM. Nonton sama Yorin, di tengah pertunjukan Yorin tidur. Lumayan, mau diajak saja sudah prestasi, menonton setengah pertunjukan baru tertidur adalah tambahan prestasi yang lain buat istriku.

tri

Musikal sebenernya banyak yg mau kubahas, tapi nanti jadi OOT, yang seru adalah ada bonus DVD ‘the making’ dari album rekaman studio ini. Naaa… mereka ini kan seperti ide VQ tuh, pengennya direkam live dan langsung. Sekaligus, semua pemain. Katanya supaya dapat ‘spontan’-nya musik jazz karena mereka sendiri sudah sangat terstruktur (budjana arranger jagoan, tohpati produser dan arranger jagoan) jadi musiknya sangat terkonsep. Mereka katanya tidak ingin kaku sehingga mau rekaman live.

Dari video ‘the making’ itu jadi mengingatkan saya pada Aca& Nta. Karena mereka pakai DSS studio. Ini tempatnya kalo gak salah tetanggaan sama rumah Aca-Nta yg di petukangan (?), yg sekarang dihuni Yoki. Wah, studionya buesar lega dan alatnya juga coanggih. Foto2 dari proses rekaman ini jadi bagus-bagus.

Yang paling menarik adalah mereka ternyata tetep saja sudah pro gitu, punya kru pro, sewa soundman pro, sewa rec engineer pro, tetep saja berdebat dan ketemu kendala teknis. Sempet tuh ada otot2an diantara para kru balik layar ini sehingga sang manager turun tangan. Wah… gak cuma level kita yang kesulitan rekaman live, se-level mereka yg udah puluhan taun kluar masuk studio naik turun panggung aja masih bisa kepentok gitu.

Yang menyentuh adalah kata salah satu dari ketiga gitaris tentang alasan merekam permainan mereka, “…. masak kita sudah latihan susah-susah begini tidak ada dokumentasinya, tidak ada wujud dari musik yang kita mainkan….”

HUWADUH!

(seperti ditulis di milis VABB)

Link ke SonyBMG http://www.sonybmg.co.id/?action=af&id=637
Ke Horison Line http://www.horizon-line.com/jazztoday/albumtrisum.html

Track Listing
1. Cublak Cublak Suweng ****
2. Kr Kemayoran *****
3. October Rain **
4. Guitar In The Midnight **
5. Mainz In My Mind ***
6. Kromatiklagi ****
7. Mahabarata *****
8. Medley: Caka – Lukisan Pagi **
9. Jali Jali **

note: jumlah * (bintang) adalah preferensi pribadi saya

9 responses

  1. torro

    numpang lewat mas,

    harga cd lokal mestinya seputaran rp 25 ribuan seperti trisum ini, sehingga lebih terjangkau. cuman sayang packagingnya …. hanya sleeve kertas doang, coba kalau pakai casing plastik … yahhh paling nambah biaya produksi srebu perak.

    lagu-lagu trisum, top dah …

    salam//torro

    Juni 22, 2007 pukul 4:19 pm

  2. Mas Torro,
    Setahu saya album ini ada edisi audio cd saja (bungkus kertas) dan yg ada bonus dvd ‘the making’ (pake jewel case plastik). Masing2 25 dan 50rb

    Juni 23, 2007 pukul 8:38 am

  3. hehehe

    gw baru bli cdnya Trisum…
    keren abis…
    pertama gw bli, gw langsung nonton dvdnya…
    keren abis..

    pokoknya lo semua hrus bli deh…

    Juli 9, 2007 pukul 11:31 pm

  4. Budy

    Saya sedang tinggal di luar negeri dan baru dikirimi CD/DVD Trisum – 1st Edition oleh teman dari Jakarta… wah memang keren yah lagu-lagunya, sayang saya tidak sempat nonton Concert “Dialog 3 Gitar” di GBB-TIM nya… Terus mau tanya nih, dalam bonus DVD-nya ada beberapa cuplikan dari concert tsb, tapi lagu-lagu tersebut koq tidak ada di CD-nya yah? Apa itu lagu-lagu dari album CD yg lain?? Tolong di-share yah kalo ada yg tau infonya! Terima kasih sebelumya.

    Agustus 8, 2007 pukul 10:52 am

  5. #Budi

    Sebelum me-release CD/DVD ini trisum pernah merelease DVD live-nya yg di TIM itu. Saya punya juga DVD ini tapi emang skarang udah jarang banget lihat di toko2 CD di Jakarta. Tapi sekitar Maret 07 saya beli masih ada, di Music+ Sarinah Thamrin (gpp ya bau iklan)

    Show-nya sendiri keren, namun sayang editing videonya cukup parah. Menu2-nya gak sebagus yg 1st edition. Malah seluruh show cuma dibagi 2 bagian aja, gak bisa pilih per lagu dlsb.

    Kalo ada lagu2 yg tidak dimasukkan ke album yg 1st ini ya nanti kegedean dong, bisa2 jadi dobel album! Hehe… Wong masing2 gitaris sudah punya lebih dari 1 album solo…

    Agustus 8, 2007 pukul 11:11 am

  6. Budy

    Mas Antoix,
    Oh jadi lagu-lagu yg saya maksud itu diambil dari album solo salah satu gitaris? Tau judul lagu/albumnya? Atau memang sebenarnya lagu-lagu Trisum tapi tidak direlease dalam CD? Trims.

    Agustus 8, 2007 pukul 10:11 pm

  7. rinjani

    Tiada duanya memang,etnik,aneh,dan mengagumkan. salut untuk Trisum. Yang pasti jangan beli yang bajakan. Thanks dah nebeng tulis.

    September 22, 2007 pukul 9:01 am

  8. Hebat 3-3Nya hebat banget. aku pengen lihat konser disurabaya kapan ne?

    Januari 2, 2008 pukul 1:01 pm

  9. penasaran pengen ngerekam di DSS

    Maret 8, 2009 pukul 10:27 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s