enjoy every cadence, every breath…

‘Jatuh Cinta’ Dave Koz

Selama ini saya kurang memperhatikan dengan detail permainan Dave Koz, mungkin selama ini malah lebih memperhatikan permainan Kenny G hehe… gara2nya justru karena mas Kenny banyak dikritik oleh para pengamat jazz…

Barusan saya akhirnya dapat mp3 nya yang ada lagu “Jatuh Cinta” (kalo gak salah lagunya Ruth Sahanaya ya?), wah… kagum saya. Ing ngatase (apa ya bahasa indonesianya ??) lagunya sendiri sebenernya lagu *pop biasa* yang sederhana progresinya, tapi Mr Koz bisa menjadikannya jadi penuh jiwa dan bermakna.

koz

Ekspresi.
Ekspresi kan macem2. Ada yang memainkan intonasi (panjang/pendek2 staccato dlsb) ada yang memainkan dinamik (keras-lembut) diantaranya itu dua kan yang basic yg kita juga praktekkan kalo main bigband. Pak Koz ini jago banget make-nya. Dia bisa memunculkan emosi lagu-nya dengan variasi dari banyak ekspresi ini. Padahal ‘iringan’ lagunya biasa saja, keyboard dg sound string gitu. Sering saya merasa pemain menggunakan ekspresi ini secara berlebihan, jadinya ‘katro’ deh menurut saya. Karena kesannya akrobat saja. Tapi di telinga saya Mr. Koz melakukannya dengan proper dan muluss..

Penghayatan.
Ini saya heran, karena dia kan gak ngerti arti syair lagu ini? Karena kan itu lagu bahasa indonesia. Mestinya dia punya kesulitan untuk meng-interpretasi kan? Tapi penghayatannya kereeennn… banget. Kita yang denger tuh bisa kebawa sama tiupan bliaw. Mendayu memang sih, tapi tidak berkesan genit, seperti yang kita dengar dari permainan Kenny G misalnya. Kekuatannya mungkin justru ada di lagunya sendiri. Lagu Ruth ini sudah kuat kali ya? Jadi tanpa syair pun dia tetap melodius dan menghanyutkan.

Ck ck ck.. emang musisi kelas dunia.
Jadi pengen kenalan lebih jauh.. cari album2nya. Yoki kayaknya doyan ya?

Resensi di Wartajazz http://www.wartajazz.com/resensi/resensi030407.html
Berita di Kompas http://www.kompas.com/ver1/Hiburan/0703/17/094947.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s