enjoy every cadence, every breath…

Insinyur Manja

Pagi ini liat di koran Indo Pos pendapat SBY ttg ‘Insinyur Manja’ Indonesia yang minta diproteksi dalam ketenagakerjaan menghadapi persaingan tenaga kerja global.

Menurutnya, disampaikan dalam acara PII, Insinyur harus berani bersaing langsung dan tidak manja minta proteksi terus.

Wadoh!!

Kalo gitu gini deh Pak…
Itu anggaran pendidikan harus dong dipenuhi amanat undang-undang yang jumlahnya mestinya 20%…
Kan bisa buat memberi program beasiswa untuk yang kesulitan biaya, sehingga orang-orang tidak mampu dan berkemampuan terbatas bisa menikmati pendidikan tinggi dengan harga yang terjangkau.

Sayang saya tidak menemukan versi digital dari berita ini. Malah ketemu di detik.com “SBY Sindir Insinyur Indonesia”
Di Jawa Pos nemu-nya malah yg versi 20%
http://www.indopos.co.id/index.php?act=detail_c&id=285733

Jadi ingat selama 7 tahun saya membayar 60rb per semester selama kuliah…

2 responses

  1. aju

    pak sby insinyur atau bukan ya?

    Mei 25, 2007 pukul 10:17 am

  2. pernyataan SBY ini bener2 pro-pasar bebas, padahal ini salah satu hal yg ditentang sama serikat2 pekerja dan karyawan yang di UU Ketenagakerjaan disebut asas ‘fleksibiltas’. jangan heran kalo banyak insinyur2 (dan juga teknisi2, bahkan sampai buruh2) dari luar negeri yang akan bebas bersaing disini, karena bukan hanya soal keahlian, tapi juga prinsipnya siapa yg berani dibayar lebih murah, dialah yg dapat kerjaan…fenomena ini udah mulai kelihatan, seperti banyak insinyur IT dari india yg mulai dipakai dalam proyek2 outsorce, buruh2 kasar cina yg dipakai dalam pembangunan proyek2 energi dll. jadi, ketika SDM disini menuntut ‘imbalan’ yg memadai yg at least sesuai dengan UMR, ini akan dijadikan alasan buat para pemilik modal/invenstor sebagai hambatan investasi dan lebih memilih tenaga kerja dari luar yg tentu saja mau dibayar lebih murah.

    kesimpulannya, SBY perlu lebih banyak membaca berbagai wacana global, sehingga nggak kayak katak dalam tempurung, yg omongannya asal-bunyi dan makin ngerugiin warga negaranya (kok jadi angot dan panjang gini komen-nyah hehhehe…)

    Juni 4, 2007 pukul 11:52 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s