enjoy every cadence, every breath…

Energi dan Kita

Mungkin dianggap remehtemeh, tapi hal-hal berikut ini yang saya praktekkan secara pribadi untuk konservasi energi.

060903cover.jpg

Matikan listrik antara 17-22. Ini sebenernya program yang digalakkan pemerintah di iklan2 televisi untuk mengurangi pemakaian energi, terutama listrik yang bersumber dari energi minyak bumi.

Timer untuk lampu luar rumah. Timer ini hanya akan menghidupkan lampu setelah jam 10 malam dan mati jam 6 pagi, namun setiap jam akan ada periode 15 menit mati. Agak ‘nerd’ ya? Betul. Rumah kami juga tampak gelap di jam orang biasanya bertamu. Ditambah pohon yang rimbun di taman depan, emang cukup gelap pemandangan depan rumah kami setelah maghrib.

Tidak memasang AC. Selain boros energi, watt yang tinggi, AC rumah juga masih menggunakan teknologi refrijeran yang mengandung CFC. Heran juga, mobil dan lemari es sudah pakai non-CFC kok AC rumah belum. Padahal istri termasuk yang maniak ac deh. Pengennya yg dingin-dingin. Tapi karena sama-sama cinta lingkungan ya 900watt cukup untuk rumah kami.

Matikan lampu yang gak perlu. Kalo ini lampu dalam rumah ya. Wah saya agak maniak. Kadang miris sendiri kalo merhatiin ternyata rumah kami ini kok gelap banget ya?

Taman dan area terbuka. Rumah kami dalam sederet jalan sekarang tampak paling menjorok ke dalam. Padahal tahun 2001 saat pindah ke rumah ini kami adalah salah satu perintis di deretan ini. Saat tetangga belum ada yang dihuni. Pagar rumah kami waktu itu tampak menjorok ke jalan. Ini karena asli dari developer area terbuka di depan dan belakang benar-benar kami manfaatkan sebagai taman dan ruang terbuka. Untuk area serapan air. Sudah berencana akan membuat sumur resapan di depan dan belakang rumah.

Cukup? tentu tidak. Tapi paling tidak kami berperan.

2 responses

  1. Dear Anto n Yorin…

    Wuaaaahhhh….BRAVO!!! Hebat banget kalian! Aku juga sekarang juga udah memulai. Aku bikin kompos di rumah…terus soal energi juga sama…dan sekarang, turun dari stasiun kereta api aku coba sesering mungkin jalan kaki (dari stasiun gondangdia ke kantorku di dekat cikini) dan mengurangi naik ojek. Btw, ini ada website yg bagus untuk dikunjungi, untuk ngeliat konsumsi energi kita dan gimana kita bisa menghemat. http://www.mitrafoundation.org

    Siapa lagi menyusul?

    Mei 17, 2007 pukul 7:48 pm

  2. Betul.

    Pengelolaan sampah dan separasi limbah rumahtangga bisa jadi proyek yg menarik tuh.

    Tapi sedih juga kalo aku cerita ke temen dia bilang, “Kamu aja deh Tok yang kaya gitu, aku pasang ac saja (24 jam)”

    Mei 18, 2007 pukul 3:55 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s