enjoy every cadence, every breath…

Sombong

Beberapa minggu ini saya diberi contoh dengan nyata betapa kesombongan bisa mengubah banyak hal. Kesombongan juga terbukti tak berdaya dan hanya memperlihatkan betapa kita lemah dan serba nggak ngerti apa-apa sebenernya.

Di satu ketika kesombongan telah membuat mata, hati, dan perasaan seseorang jadi *buta*. Kesombongan telah menguasai segala sendi hidupnya sehingga dia bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya kita tidak bayangkan akan dia lakukan. Kita mengenal seseorang yang sopan, lembut, dan welas asih; namun saat sekarang kesombongan menguasai hati-nya; dia jadi arogan, tak toleran, tak peduli… Saat seseorang (merasa) bisa menguasai dunia dengan apa yang telah dicapainya, saat itulah dia bisa terjerumus ke jurang dan kegelapan kesombongan seperti ini.

Di lain ketika kesombongan jadi tak berarti sama sekali. Saat masanya datang untuk tak berdaya, tak lagi bisa menggerakkan apapun, tak lagi bisa mengeluh, tak lagi bisa menggertak. Kita hanya akan jadi seonggok daging berat yang siap dibusukkan oleh tanah dan cacing. Kesombongan masalalu tak ada artinya samasekali. Hasil dan buah kesombongan juga tak tampak sedikitpun.

Sebagai orang yang pernah sangat sombong, saya malu sekali…

(sedang nulis apa sih saya?? sorry, yg ini emang personal banget)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s