enjoy every cadence, every breath…

Kamilah kaum GALIA yang riang gembira

9

Cerita berawal dari 15-an tahun yang lalu. Diawali dengan obrol2 karena hampir tiap hari ketemu di sekretariat MBWG ITB Student Center (the old one, sudah di bongkar) T18 . Salah satu topik obrolan yang ternyata sama-sama kita nikmati waktu itu adalah tentang serial komik Asterix & Obelix. Kenapa ya kita sering membicarakan serial komik ini? Entahlah..

1

mungkin karena kami hidup di era komik besar. Kata ‘besar’ disini maksudnya komik berformat besar, bukan seperti komik2 jepang jaman sekarang yang kecil2 itu. Kami menjalani smp di masa Trigan sangat top, kami sd saat Deni Manusia Ikan juga top.

2

mungkin karena lucu… Bener kalo ini tokoh2 Obelix dan Asterix itu lucu boanget. Mereka terusterang, tidak sok jaga image, jujur kadang naif, dan yang penting berhati emas dan suka menolong tanpa pamrih. Dialognya juga lucu. Nama2nya lucu, seperti ‘perutgembulix’ atau ‘licixmunafix’ lalu ‘ndasbutaks’ misalnya. Tampaknya sang penerjemah telah berhasil membuat personifikasi yang mungkin lebih baik dari aslinya sendiri.

3 4

mungkin karena aneh dan spesifik. Kaum galia ini merasa dirinya adalah kaum terhebat, bahkan diceritakan bisa mengalahkan bangsa romawi dengan mudah. Setiap berperang mereka menang, melawan sejarah deh. Kalo versi komik ini sih sejarah yang salah… Karena sejarah tidak pernah menceritakan wilayah kecil di sekitar Belgia yang tetap dikuasai kaum Galia.

5 6 7 8

Ada dua hal lagi sih… Bangsa Galia suka berpesta dan makan-makan dan saat mereka menyanyi langit seakan runtuh menimpa bumi. Ini yang paling pas dengan kami yang waktu itu suka ngariung dan main marching band. Kami tau kok, lagu yang kami mainkan kadang sumbang yang mungkin langit pun bisa runtuh karenanya…

Above all.. kami merasa Galia karena kami juga punya golongan lain yang kami anggap mereka adalah romawi hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s