enjoy every cadence, every breath…

Zorn

Salah satu musisi yang berhasil menampilkan sisi lain dunia musik ke saya. Terutama dengan album Naked City

2

Musiknya tuh jelas eksperimental, ekspansif, tanpa batas, mendobrak tempo, mendobrak harmoni, mendobrak susunan form lagu… terlalu banyak yang didobrak. Belum lagi noise-nya, berisik, padat, singkat, intens. Tuh kan gak ada habisnya (maklum yang nulis fans, muji molo)… Belum lagi cover musiknya yang disebut ‘graphic or offensive album covers’.

Seperti cover gambar album diatas, pernah denger kalo itu adalah foto yang diambil oleh fotografer media khusus pembunuhan mafia yang ada di jaman mafia amerika merajalela. Itu fotografer gak berenti ngikutin radio polisi. Setiap ada laporan penembakan/pembunuhan jaman mafia fotografer ini sering sampai duluan di tkp daripada polisi. Dan tentusaja ambil foto2 dengan hasil yan gila.

1

Musik Zorn menurut saya bisa dipersingkat deskripsinya menjadi “musical styles that are extremely loud, wild, or creative”. Seperti The Big Gundown ini. Lagunya sih biasa saja, karya2 Ennio Morricone. Karyanya seperti salah satunya adalah theme film “Godfather”. Wah gila, sisilia banget, italia banget. Tapi denger aransemen dia di album ini lagunya menurutku jadi sangat mencekam karena musiknya memunculkan banyak imajinasi horor.

Untuk lagu2nya yang super pendek dan intens, pernah ada penjelasan kira2 itu menggambarkan lingkungan sekitar kita juga. Segala dibuat bertambah cepat. Seolah orang dan dunia tuh terus menerus beradu cepat dengan waktu. Mobil balap lebih cepat, komputer lebih cepat, koneksi data lebih cepat, segala proses maunya lebih cepat. Semua serba cepat.. cepat… Seolah lambat tidak mendapat tempat di dunia. Musiknya pun jadi intens, lagu jadi cuma hitungan detik. Tempo cepat sekali, musiknya jadi padat, ringkas, keras, seperti segudang data dimasukkan ke telinga kita. Musik ini dianggap mengikuti apa yang ada di lingkungan kita. Ini terasa sekali di album Naked City “Torture Garden”.

Sumber paling ekstensif gampang dimengerti dan singkat sih http://en.wikipedia.org/wiki/John_Zorn

Kreatif oke. Super kreatif jadi sering terdengar sangat aneh. Tapi syukurlah kali ini saya bisa menangkap apa yang dimaksud Pak Zorn ini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s