enjoy every cadence, every breath…

Republik Tawa

Salah satu acara yang ngetop banget di televisi adalah parodi politik. Dimulai dari dulu “Republik BBM” dan akhirnya bermetamorfosa jadi “Republik Mimpi”. Dari acara itu terlihat jelas bahwa kita (alhamdulillah) adalah bangsa yang sangat humoris, sangat pandai mengejek dan mentertawakan diri sendiri. Benar2 lihai deh kalo dah melakukan ini.

1

Itu sudah lama kita lakukan sejak jaman dulu ada acara “Perspektif” nya Wimar Witoelar yang sangat ngetop di jamannya. Juga di bagian lain adalah acara “Gubernur Kita”. Wah macem2 deh acara politik. Pembicaraan serius yang dibawakan secara santai.

Me-nyatai-kan pembicaraan serius sih ok saja sebenernya, cuma kok saya menangkap kecenderungan kita menjadi komunitas tak berdaya, yang tidak kuasa merubah, yang akhirnya menghibur diri dengan mentertawakan diri sendiri.

Kebebasan berpendapat-nya sebenernya perlu kita banggakan. Dua negara tetangga kita yang katanya *maju*, singapur dan malaysia, rakyatnya tidak bisa menikmati kebebasan seperti yang kita rasakan. Bebas mentertawakan diri sendir, menertawakan pemimpin kita, menertawakan keadaan sendiri.

Menertawakan adalah keadaan semu yang hanya menutupi ketidakmampuan kita menyelesaikannya secara substansi. Saking sudah ruwetnya segala masalah, ibarat benang sampai kita gak tau lagi harus diurai ruwetnya mulai dari mana?

Kita jadi seperti sopir angkot yang ketawa2 seperti orang gila saat angkot kita kejeblos kubangan lumpur.

(260307)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s