enjoy every cadence, every breath…

hape

Salah satu gambar yang sangat menyentuh hati dari liputan gempa Jogja adalah saat orang2 mengantri charging hape. Karena listrik mati, keterbatasan listrik menyebabkan orang harus antri dan bergantian melakukan charge telepon genggamnya.

Ini juga menunjukkan betapa kita sudah sangat tergantung pada sinyal, pada hape, pada pulsa. Kita pergi dan hape ketinggalan jadi masalah besar. Padahal jaman dulu kala (halah!) kita juga bisa berkomunikasi dengan baik kok tanpa telepon genggam ada di genggaman kita.

Pernah ada masanya kita siapkan uang receh banyak2. Uang cepek. Ini penting buat kita bisa berlama-lama menelepon dari telepon umum koin. Kami sempat heran banget pas bulan lalu salah satu rekan kita menelepon berlama-lama dengan berbekal setumpuk besar koin seratusan. Hehe.. masih ada yang mempraktekkannya toh jaman sekarang.

Pernah pula ada masanya kita pakai pager. Wah tidit-tidit, hampir semua orang punya pager. Saya sampai pernah berlangganan pager buat monitor transaksi bank. Wah jaman belum ada sms banking atau telebanking saya sudah menikmati dikirimi pesan pager pas gajian masuk hehehe… Buntutnya teman2 kantor nanya ke saya apa gaji udah masuk blom..

Trus ada kesempatan di 2001 saya begitu kagum lihat sebuah negara kok semua penduduknya pegang hape. Menelepon di sembarang tempat umum. Menelepon berlama-lama seolah gak mikirin harga pulsanya. Kok semua orang bisa dapat nomor telepon ya padahal di Indonesia musti antri biar dapat nomor telepon…

1

Lima tahun kemudian kita sudah tidak heran liat telepon genggam dipegang oleh siapa saja dimana saja di Indonesia. Tidak lagi eksklusif, preman prapatan pake hape, anak sd/smp main hape. Sms-an sama sesama temannya yg ada disebelahnya. Cekikikan seolah hape adalah mainan mengasyikkan yang sangat menyenangkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s